Sari, Risma Yunia (2013) Pengaruh pemanfaatan media belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang / Risma Yunia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media belajar kemandirian belajar prestasi belajar siswa Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor baik internal maupun eksternal. Faktor ekternal berupa pemanfaatan media belajar yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa. Pemanfaatan media belajar di rumah dapat mempermudah anak untuk belajar sedangkan di sekolah dapat mempermudah siswa menangkap materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru. Faktor internal berupa faktor kemandirian belajar siswa merupakan cara belajar yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah belajarnya tanpa menggantungkan diri pada orang lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) bagaimana pengaruh pemanfaatan media belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang (2) bagaimana pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang (3) bagaimana pengaruh bersama pemanfaatan media belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 301 siswa sampel yang digunakan sebanyak 75 siswa yang tersebar dari kelas 8.1-8.8 yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sample. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh pemanfaatan media belajar (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 yang berarti 8804 0 05. (2) pengaruh kemandirian belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 003 yang berarti 8804 0 05. (3) pengaruh pemanfaatan media belajar (X1) dan kemandirian belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 yang berarti 8804 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini yakni (1) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan media belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang (3) terdapat pengaruh bersama yang signifikan pemanfaatan media belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39194 |
Actions (login required)
View Item |