Penerapan perpaduan metode pembelajaran kooperatif model Student Team Achiement Division (STAD) dsan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang) / Anna Lailiyah Agusti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpaduan metode pembelajaran kooperatif model Student Team Achiement Division (STAD) dsan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang) / Anna Lailiyah Agusti

Agustin, Anna Lailiyah (2013) Penerapan perpaduan metode pembelajaran kooperatif model Student Team Achiement Division (STAD) dsan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang) / Anna Lailiyah Agusti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustin Anna Lailiyah. 2013. Penerapan Perpaduan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD) dan Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malang). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Drs. H. Ach. Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD) Talking Stick Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka demokratis serta mampu bersaing dalam era globalisasi. Memenuhi tuntutan perkembangan jaman yang semakin maju aspek pendidikan diharuskan dapat membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk menjadi lebih aktif dan kreatif. Guru hendaknya memancing keaktifan siswa melalui model-model pembelajaran yang sesuai dan menarik perhatian siswa agar siswa dapat termotivasi untuk menjadi aktif di kelas. Seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam memilih menentukan dan mempratekkan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga memungkinkan siswa untuk memiliki kompetensi yang diharapkan. Metode pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan perpaduan model pembelajaran Student Team Acievement Division (STAD) dan Talking Stick menekankan pada adanya aktifitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Selain itu juga untuk melatih berbicara pembelajaran ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan perpaduan metode pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division (STAD) dan Talking Stick pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 21 Malang dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 21 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Data yang dihasilkan berupa data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini perilaku yang dapat diamati dan gambar-gambar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Malang mulai tanggal 14 Maret 2013 sampai 8 April 2013. Subjek penelitian adalah kelas 7.5 sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 24 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki yang dibagi dalam 11 kelompok heterogen. Setiap kelompok berjumlah 4 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dari hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa diukur menggunaka aspek kognitif. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 siswa dengan persentase 61 36% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 17 orang dengan persentase 38 63%. Untuk siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 36 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 80 34% sedangkan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase sebesar 18 18%. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan perpaduan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Talking stick dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam proses belajar mengajar siswa menjadi lebih aktif dalam proses diskusi. Begitupun pada saat pembelajaran dengan model Talking Stick siswa menjadi lebih konsentrasi terhadap pelajaran dan mau memperhatikan siswa lain yang sedang menjawab pertanyaan. Kondisi kelas pun menjadi lebih aktif dan menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 21 Malang disarankan untuk menerapkan perpaduan model pembelajaran STAD dan Talking Stick karena sangat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun hendaknya disesuaikan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan kasus yang terjadi di lingkungan sekitar serta memiliki jam minimal 2 kali pertemuan karena pembelajaran ini memerlukan alokasi waktu yang cukup banyak karena menggunakan 2 model pembelajaran. Penerapan perpaduan model pembelajaran STAD dan Talking Stick juga dapat digunakan sebagai pertimbangan pengembangan strategi pembelajaran bagi mata pelajaran yang lain sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 21 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39193

Actions (login required)

View Item View Item