Penerapan cooperative learning model TPS (Think Pair Share) berkolaborasi dengan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 13 Malang / Febry Dwi Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cooperative learning model TPS (Think Pair Share) berkolaborasi dengan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 13 Malang / Febry Dwi Jayanti

Jayanti, Febry Dwi (2013) Penerapan cooperative learning model TPS (Think Pair Share) berkolaborasi dengan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 13 Malang / Febry Dwi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Cooperative Learning TPS (Think Pair Share) Scramble Hasil Belajar Kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan lebih banyak didominasi oleh guru (teacher-centered) dan tidak memberikan akses bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya. sehingga kurang mencerminkan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa sesuai tuntutan dari KTSP yang selama ini telah dilaksanakan di sekolah-sekolah. Salah satu alternatif pemecahan masalah dalam pendidikan ini adalah dengan mencoba metode pembelajaran yang baru salah satunya yaitu dengan menerapkan kolaborasi cooperative learning model TPS (Think Pair Share) dengan model pembelajaran Scramble yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan aktif siswa dapat bekerjasama dan meningkatkan aktivitas berpikir selain itu bisa menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Tujuan dari penelitian PTK ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan cooperative learning model TPS (Think Pair Share) yang berkolaborasi dengan model pembelajaran Scramble (2) hasil belajar setelah diterapkannya cooperative learning model TPS (Think Pair Share) yang berkolaborasi dengan model pembelajaran Scramble (3) respon dari siswa setelah diterapkannya cooperative learning model TPS (Think Pair Share) yang berkolaborasi dengan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Malang mulai Pebruari-Maret. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-H sebanyak 38 siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) data tentang ketercapaian tindakan guru dalam menerapkan model pembelajaran (2) data tentang hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test (3) data tentang respon siswa setelah diterapkannya cooperative learning model TPS (Think Pair Share) berkolaborasi dengan model pembelajaran Scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) berkolaborasi dengan model pembelajaran Scramble sesuai untuk diterapkan dalam mata pelajaran ekonomi pada materi Kegiatan Pokok Ekonomi (2) peningkatan hasil belajar terbukti dari nilai rata-rata pre-test pada siklus I sebesar 70 26 dan nilai post-test sebesar 78 68 kemudian pada siklus II rata-rata nilai pre-test sebesar 73 16 dan nilai post-test sebesar 87 10 (3) 63 16% siswa merasa sangat setuju jika kegiatan pembelajaran ekonomi menggunakan model kolaborasi TPS (Think Pair Share) dengan model pembelajaran Scramble meningkatkan pemahamannya tentang materi sehingga hasil belajar mereka juga meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan saran antara lain (1) bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 13 Malang disarankan untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) yang berkolaborasi dengan model pembelajaran Scramble sebagai salah satu alternatif proses pembelajaran di kelas (2) bagi siswa hendaknya dapat lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran agar dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik (3) bagi peneliti selanjutnya mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini yaitu mengenai pokok bahasan materi maka untuk mengetahui lebih jelas apakah pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) yang berkolaborasi dengan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi maka perlu dilakukan lagi penelitian pada pokok bahasan materi lainnya pada mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39192

Actions (login required)

View Item View Item