Efektivitas pemanfaatan modul dalam pembelajaran IPS terpadu pada SMP Negeri 9 Malang (Studi eksperiomen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Rio Era Deka - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pemanfaatan modul dalam pembelajaran IPS terpadu pada SMP Negeri 9 Malang (Studi eksperiomen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Rio Era Deka

Deka, Rio Era (2013) Efektivitas pemanfaatan modul dalam pembelajaran IPS terpadu pada SMP Negeri 9 Malang (Studi eksperiomen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Rio Era Deka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci efektivitas pembelajaran modul Pendidikanmerupakansuatu proses atausistem yang terdiridaribeberapakomponen. Kelancaranjalannyakomponenakanmembawakelancaranpada proses pendidikan. Keberhasilanpendidikantentunyatidaklepasdaribelajar.Untukmeningkatkanhasilbelajardibutuhkankomponen yang harusadadalambelajarsiswa.Strategipembelajarandenganbahan ajar modulmerupakansalahsatucarapenyampaiangagasankepadapesertadidikdenganmenggunakanbahan ajar modul. Modul yang tersusundigunakansiswauntukmendapatkanmateri.Pembelajaranmodultermasuksalahsatusistempembelajaran individual sebabbelajardenganmodulmenuntutsiswauntukbelajarmandiri.Kemampuansetiapindividuituberbedabeda sehinggauntukmencapaihasil yang maksimaldalamhasilbelajarmakacaramengajarnyadisesuaikandengankemampuanmasing-masingsiswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahuihasilbelajarsiswa yang menggunakanmetodeceramahtanpamoduldanpembelajaran yang menggunakanmodul. (2) mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswa yang diajarmemanfaatkanmoduldalampembelajarandenganmetodeceramahpadamatapelajaran IPS terpadu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Sedangkan sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-F sebagai kelas kontrol dan VIII-E sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil dari tes (pretest dan postest). Analisis deskripstif uji persyaratan (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan nilai rata-rata (uji t). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1)Hasilbelajarsiswadalampembelajaran IPS Terpadupadamateriketenagakerjaan yang menggunakanpembelajaranmetodeceramahtanpamodul diperolehpeningkatanhasilbelajardanhasilbelajarsiswadalam yang diajarmemanfaatkanmoduldalampembelajaranjugadiperolehpeningkatanhasilbelajar(2) Ada perbedaansecarasignifikanhasilbelajar siswa yang memanfaatkan nodul dalam pembelajaran dengan metode ceramah. Pembelajaran yang memanfaatkan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang pembelajarannyamemanfaatkanmodullebihbaikdaripadahasilbelajarkelaskontroldenganpembelajaranmetodeceramahtanpamodul.Saran yang penelitisampaikanadalahuntukmengetahuihasilbelajarsiswa dapat dilakukan lebih lanjut menggunakan modul dalam pembelajaran dengan menggunakan mata pelajaran yang berbeda dan subjek yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39191

Actions (login required)

View Item View Item