Evaluasi kompetensi dan kesiapan guru berlatar belakang pendidikan ekonomi dalam pembelajaran IPS terpadu SMP di Kota Blitar / Irma Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kompetensi dan kesiapan guru berlatar belakang pendidikan ekonomi dalam pembelajaran IPS terpadu SMP di Kota Blitar / Irma Yulianti

Yulianti, Irma (2013) Evaluasi kompetensi dan kesiapan guru berlatar belakang pendidikan ekonomi dalam pembelajaran IPS terpadu SMP di Kota Blitar / Irma Yulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi kompetensi kesiapan pembelajaran IPS Terpadu Sejak tahun 2006 mata pelajaran IPS secara legal dan formal ditetapkan menjadi mata pelajaran IPS Terpadu. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar dan Indikator dipadukan menjadi satu kesatuan yang terdiri dari bahan kajian ilmu geografi sejarah sosiologi dan ekonomi. Namun pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu masih belum terlaksana secara maksimal dan masih dilakukan sesuai dengan bidang kajian ilmu masing-masing. Hal ini disebabkan karena kurikulum IPS itu sendiri tidak menggambarkan suatu kesatuan yang terintegrasi akan tetapi masih terpisah dengan bidang ilmu sosial masing-masing. Perubahan sistem pembelajaran juga menjadikan guru harus mampu menguasai dan mengintegrasikan seluruh ilmu sosial tersebut. Padahal guru yang ada terdiri dari guru dari disiplin ilmu yang berbeda-beda sehingga hal ini menyebabkan guru sulit beradaptasi dan bahkan ada pula guru yang menolak mengintegrasikan disiplin ilmu sosial tersebut. Berkaitan dengan permasalahan tersebut maka perlu adanya penelitian tentang kesiapan guru dan kompetensi yang dimilikinya dalam pembelajaran IPS Terpadu tingkat SMP di Kota Blitar terutama dalam hal ini adalah guru yang berlatar belakang pendidikan ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu tingkat SMP di Kota Blitar kesiapan guru yang berlatar belakang pendidikan ekonomi dalam pembelajaran IPS Terpadu yang dilihat dari perangkat berupa RPP dan kegiatan dalam memulai pembelajaran serta kompetensi yang dimiliki guru berlatar belakang pendidikan ekonomi dalam pembelajaran IPS Terpadu SMP di Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi berupa Countenance Evaluation Model. Data penelitian ini diambil dari guru IPS yang berlatar belakang pendidikan ekonomi kepala sekolah/waka kurikulum dan siswa dari SMPN 3 SMPN 5 SMPN 8 SMPN 10 dan SMP Taman Siswa Kota Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data meliputi reduksi penyajian data dan verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut. Pertama pelaksanaan pembelajaran IPS yang diterapkan oleh guru IPS yang berlatar belakang ekonomi tingkat SMP di Kota Blitar masih menggunakan konsep IPS secara mandiri berdasarkan sub ilmu sosial yang dipelajari. Guru menjelaskan sesuai dengan materi pada bab yang dipelajari serta dikaitkan dengan materi lain dan terbatas pada yang diketahuinya saja. Kedua kesiapan guru membuat RPP berdasarkan urutannya yaitu guru IPS SMPN 5 Blitar (ES) merupakan yang terbaik lalu guru IPS SMPN 8 Blitar (HP) SMPN 10 Blitar (SD) SMPN 3 Blitar (IS) dan SMP Taman Siswa Blitar (HN). Sedangkan kesiapan guru dalam kegiatan awal pembelajaran dapat diketahui guru IPS SMPN 5 Blitar (ES) merupakan yang terbaik yang kemudian di urutan selanjutnya adalah guru IPS SMPN 10 Blitar (SD) SMPN 8 Blitar (HP) SMP Taman Siswa Kota Blitar (HN) dan SMPN 3 Blitar (IS). Ketiga Kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran mengalami perubahan dalam setiap pertemuan. Dalam pertemuan pertama kompetensi yang dimiliki oleh guru IPS SMPN 8 Blitar (HP) lebih baik dari guru IPS SMPN 5 Blitar (ES) SMPN 10 Blitar (SD) SMPN 3 Blitar (IS) dan SMP Taman Siswa Blitar (HN). Sedangkan pada pertemuan kedua guru IPS SMPN 10 Blitar (SD) lebih baik dari guru IPS SMPN 3 Blitar (IS) SMPN 5 Blitar (ES) SMPN 8 Blitar (HP) dan SMP Taman Siswa Kota Blitar (HN). Hal ini berarti kemampuan guru dalam memenuhi kompetensi mengalami perubahan sesuai materi yang diberikan. Keempat kualitas pembelajaran IPS Terpadu SMP di Kota Blitar dapat diketahui dari pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu yang masih belum baik kualitas kesiapan mengajar guru berupa RPP cukup kualitas kesiapan mengajar guru dalam kegiatan awal pembelajaran cukup dan kualitas dari kompetensi yang dimiliki dalam pembelajaran yang masih kurang. Sehingga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu hendaknya guru banyak belajar dari berbagai sumber mengikuti pelatihan dan memanfaatkan forum MGMP serta perkumpulan sesama guru IPS di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39188

Actions (login required)

View Item View Item