Pengaruh modernitas siswa, pemahaman ekonomi dan perhatian orang tua terhadap pola konsumsi siswa SMA / Endang Dwi Nofiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas siswa, pemahaman ekonomi dan perhatian orang tua terhadap pola konsumsi siswa SMA / Endang Dwi Nofiani

Nofiani, Endang Dwi (2013) Pengaruh modernitas siswa, pemahaman ekonomi dan perhatian orang tua terhadap pola konsumsi siswa SMA / Endang Dwi Nofiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nofiani Endang Dwi. 2013. Pengaruh Modernitas Siswa Pemahaman Ekonomi dan Perhatian Orang Tua Terhadap Pola Konsumsi Siswa SMA. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci modernitas siswa pemahaman ekonomi perhatian orang tua dan pola konsumsi. Globalisasi dan modernisasi diawali dengan perkembangan Iptek (Ilmu Pengetahuan Teknologi) yang berakibat pada perubahan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Perkembangan Iptek selain dapat memberikan manfaat positif tetapi juga menyebabkan semakin beraneka ragam pilihan barang kebutuhan manusia. Remaja (siswa SMA) sebagai salah satu pihak yang akan mudah terkena pengaruh atas peristiwa yang terjadi termasuk dalam hal pola konsumsi perlu memiliki pengetahuan atas ilmu yang dapat mendidik siswa bagaimana bertindak secara rasional dalam memutuskan pilihan atas barang konsumsinya di tengah era kehidupan yang modern seperti sekarang ini. Hal tersebut sangat diperlukan mengingat dalam kehidupannya sebagai makhluk ekonomi remaja menghadapi keterbatasan sumberdaya pemenuhan kebutuhan dan ketidakterbatasan kebutuhan hidupnya. Agar siswa memiliki pola konsumsi yang rasional maka diperlukan pemahaman ekonomi perhatian orang tua serta sikap nilai dan tingkah laku siswa sebagai manusia modern yang disebut sebagai modernitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pengaruh modernitas siswa pemahaman ekonomi dan perhatian orang tua secara parsial terhadap pola konsumsi siswa SMA (2) bagaimana pengaruh modernitas siswa pemahaman ekonomi dan perhatian orang tua secara simultan terhadap pola konsumsi siswa SMA Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 178 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel yaitu Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan tes. Instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang modernitas siswa perhatian orang tua dan pola konsumsi siswa sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang pemahaman ekonomi. Untuk menguji kelayakan instrumen maka dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program software SPSS 16.00 for windows. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) modernitas siswa bepengaruh signifikan terhadap pola konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0.000 dengan pengaruh sebesar 0.430 satuan/43% (2) pemahaman ekonomi berpengaruh signifikan terhadap pola ii konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0.025 dengan pengaruh sebesar 0.046 satuan/4 6% (3) perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0.005 dengan pengaruh sebesar 0.089 satuan/8.9% (4) modernitas siswa pemahaman ekonomi dan perhatian orang tua berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pola konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig F sebesar 0.000. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) terdapat pengaruh yang signifikan modernitas siswa terhadap pola konsumsi siswa SMA (2) terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman ekonomi terhadap pola konsumsi siswa SMA (3) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap pola konsumsi siswa SMA (4) terdapat pengaruh yang signifikan modernitas siswa pemahaman ekonomi dan perhatian orang tua terhadap pola konsumsi siswa SMA. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan kepada (1) Guru hendaknya memberikan pemahaman kepada siswa tentang tindakan rasional bukan hanya sekedar menyampaikan pengetahuan ekonomi agar dapat diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari (2) Jurusan Ekonomi Pembangunan hendaknya membekali mahasiswa dengan pengetahuan ekonomi yang relevan dengan keadaan yang ada sekarang dan metode pembelajaran yang bagus sehingga ilmu yang diperoleh dapat disampaikan oleh mahasiswa sebagai calon pendidik kepada siswa agar benar-benar dapat bermanfaat dalam membentuk pola konsumsi rasional siswa (3) peneliti lain hendaknya mencari faktor lain yang dapat mempengaruhi pola konsumsi siswa sehingga pola konsumsi irrasional siswa dapat dikendalikan dan terbentuklah pola konsumsi rasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39187

Actions (login required)

View Item View Item