Evaluasi program pembelajaran ekonomi SMAN di Kota Kediri / Ana Finurika - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran ekonomi SMAN di Kota Kediri / Ana Finurika

Finurika, Ana (2013) Evaluasi program pembelajaran ekonomi SMAN di Kota Kediri / Ana Finurika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Evaluasi program pembelajaran rencana pelaksanaan pembelaja-ran proses pembelajaran evaluasi hasil belajar. Secara umum proses pembelajaran yang efektif dirancang oleh guru.Kewajiban seorang guru selain mengajar menyusun program pembelajaran juga merupakan kewajiban seorang guru seperti yang dijelaskan dalam UU No. 14 Tahun 2005 pasal 20 bahwa dalam melaksanakan keprofesionalan guru berkewajiban merencanakan pembelajaran melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran . Program pembelajaran disusun oleh guru pada waktu awal semester. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas diharapkan dapat dilakukan secara sistematis dan efektif sesuai dengan program pembelajaran yang disusun. Program pembelajaran terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.Keberhasilan sebuah program pembelajaran juga tergantung pada perencanaan dan proses pembelajarannya.Sedangkan salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari program pembelajaran dapat dilakukan melalui evaluasi seperti yang disebutkan dalamPermen Pendidikan Nasional No.41 Tahun 2007 bahwa Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk me nentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan mencakup tahap perencanaan proses pembelajaran pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran .Evaluasi program pembelajaran berfungsi untuk mengetahui apakah tujuan yang dirumuskan dalam program pembelajaran sudah dapat tercapai atau belum. Tujuan penelitian ini adalah untuk tujuan dari pembelajaran ekonomi di SMAN di Kota Kediri sudah tercapai atau belum melalui 1) kualitas silabus 2) kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran 2) kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas dan 3) hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi model Stake (Countenance Model). Subyek penelitian ini adalah lima guru ekonomi kelas X SMAN di Kota Kediri yang meliputi dari SMAN 2 Kediri SMAN 3 Kediri SMAN 4 Kediri SMAN 6 Kediri dan SMAN 8 Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pedoman observasi pedoman wawancara dokumen RPP dan silabus dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil observasi penyusunan silabus ekonomi yang dirancang oleh lima guru ekonomi kelas X SMAN di Kota Kediri sudah sangat baik dengan persentase guru ekonomi SMAN 2 Kediri mendapatkan 92 85% guru ekonomi SMAN 3 Kediri mendapatkan 89 28% guru ekonomi SMAN 4 Kediri mendapatkan 92 85% guru ekonomi SMAN 6 Kediri mendapatkan 92 85% dan guru ekonomi SMAN 8 Kediri mendapatkan 96 42%. (2) berdasarkan hasil observasi penyusunan RPP ekonomi yang dirancang oleh lima guru ekonomi kelas X SMAN di Kota Kediri sudah baik dengan persentase guru ekonomi SMAN 2 Kediri mendapatkan 80% guru ekonomi SMAN 3 Kediri mendapatkan 77 5% guru ekonomi SMAN 4 Kediri mendapatkan 90% guru ekonomi SMAN 6 Kediri mendapatkan 70% dan guru ekonomi SMAN 8 Kediri mendapatkan 87 5%. (3) berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh lima guru ekonomi kelas X SMAN di Kota Kediri sudah baik dengan persentase guru ekonomi SMAN 2 Kediri mendapatkan 80% guru ekonomi SMAN 3 Kediri mendapatkan 82 5% guru ekonomi SMAN 4 Kediri mendapatkan 95% guru ekonomi SMAN 6 Kediri mendapatkan 75% dan guru ekonomi SMAN 8 Kediri mendapatkan 82 5%. (4) sebagian besar nilai evaluasi hasil belajar siswa kelas X dari lima SMAN di Kota Kediri yang dijadikan tempat penelitiansudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum mata pelajaran ekonomi. (5) berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa program pembelajaran ekonomi SMAN di Kota Kediri sudah baik dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam program pembelajaran sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39186

Actions (login required)

View Item View Item