Implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 1 Malang / Dyah Lutfi Aftriana Fajrin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 1 Malang / Dyah Lutfi Aftriana Fajrin

Fajrin, Dyah Lutfi Aftriana (2013) Implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 1 Malang / Dyah Lutfi Aftriana Fajrin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fajrin Dyah Lutfi Aftriana. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter yang Terintegrasi pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 1 Malang Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti SE MP.Ak (2) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si Kata Kunci Implementasi Pendidikan Karakter Integrasi IPS (Ekonomi) Kebijakan pendidikan karakter diresmikan pemerintah pada tahun 2010. Kebijakan ini menghendaki pelaksanaan pendidikan karakter yang disusun secara sistematis dan terintegrasi hingga ke mata pelajaran. IPS (Ekonomi) sebagai salah satu mata pelajaran yang ada dalam kurikulum juga harus mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajarannya. Mata pelajaran IPS (Ekonomi) dapat dijadikan sarana pendidikan karakter karena materinya berhubungan dengan kehidupan sosial perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan serta mengandung pelajaran nilai dan norma. SMPN 1 Malang telah melaksanakan pendidikan IPS (Ekonomi) berkarakter namun dalam pelaksanaannya masih ditemui kendala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan suasana sekolah dalam mendukung implementasi pendidikan karakter upaya guru IPS dalam implementasi pembelajaran IPS (Ekonomi) berkarakter dan kesulitan-kesulitan yang dialami guru IPS dalam implementasi pembelajaran IPS (Ekonomi) berkarakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMPN 1 Malang yang merupakan sekolah favorit di Kota malang dan telah menerapkan pendidikan karakter sejak tahun 2006. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah urusan kurikulum guru mata pelajaran IPS dan siswa. Pengumpulan data dilakukan secara triangulasi sumber dan triangulasi teknik (wawancara observasi dan dokumentasi). Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif dengan menggunakan analisis model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction data display dan conclusion drawing/verification.Hasil penelitian disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah mendukung implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri penciptaan budaya sekolah dan pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam KTSP. Guru IPS melakukan upaya pengintegrasian karakter melalui modifikasi perencanaan pembelajaran (silabus dan RPP) pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran namun masih belum optimal. Guru IPS mengalami kesulitan dalam penyesuaian format karena tidak adanya format paten dalam perangkat pembelajaran berkarakter dan penilaian pembelajaran berkarakter. Kesulitan lain yang dihadapi guru yaitu masih ada tuntutan untuk menyampaikan materi yang banyak dalam waktu terbatas serta masih ada tugas-tugas lainnya. Saran dari adanya penelitian ini yaitu agar sekolah meningkatkan berbagai program untuk mengembangkan nilai-nilai karakter yang belum optimal sesuai dengan indikator sekolah dan kelas. Dalam hal pengintegrasian karakter dalam pembelajaran sekolah diharapkan lebih berperan serta dalam membantu guru yang kesulitan dalam menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran serta melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Guru IPS diharapkan membuat format perencanaan dan penilaian karakter walaupun belum ada format yang paten. Guru IPS disarankan untuk melakukan pembelajaran IPS (Ekonomi) sesuai dengan perencanaan dalam RPP dan mengembangkan metode belajar berkelompok. Pedoman atau panduan pelaksanaan pendidikan karakter hendaknya lebih disempurnakan lagi agar pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39183

Actions (login required)

View Item View Item