Robiyah, Siti (2013) Penerapan model pembelajaran talking ball dan scramble untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (IPS terpadu) kelas VII SMP Negeri 17 Malang / Siti Robiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Robiyah Siti. 2013. Penerapan model pembelajaran talking ball dan scramble untuk meningkatkan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran ekonomi (IPS Terpadu) Kelas VII SMP Negeri 17 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Talking Ball Scramble Partisipasi Aktif Hasil Belajar Berdasarkan pengamatan dan pengalaman praktik lapangan di SMP Negeri 17 Malang ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi siswa. Diantaranya kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga siswa merasa bosan dan mengantuk. Selain itu perhatian siswa terhadap materi yang disajikan guru masih kurang dan juga kurangnya minat dan motivasi siswa untuk belajar. Siswa juga tidak bisa diajak untuk berkelompok. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang di capai siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa nilainya berada dibawah KKM yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Ball dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi aktif dan hasil belajar siswa dikelas VII D pada mata pelajaran ekonomi (IPS Terpadu) SMP Negeri 17 Malang melalui penerapan model pembelajaran Talking Ball dan Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian partisipasi aktif siswa diperoleh melalui hasil catatan lapangan dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pre test pada awal pertemuan dan post test pada akhir pertemuan setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa partisipasi aktif siswa mengalami kenaikan yang dapat dilihat dari jumlah siswa yang dapat menjawab pertanyaan maupun yang bertanya dari awal pertemuan sampai akhir pertemuan selalu mengalami peningkatan. Dan pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 0% naik menjadi 26 82% dan pada siklus 2 meningkat dari 14 63% menjadi 75 60%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Ball dan Scramble dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (IPS Terpadu) kelas VII D SMP Negeri 17 Malang. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) model pembelajaran Talking Ball dan Scramble dapat digunakan di SMP Negeri 17 Malang karena dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa (2) bagi guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Talking Ball dan Scramble karena dari respon siswa siswa merasa senang sehingga model pembelajaran ini dapat memperkaya cara guru mengajar agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan (3) hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan menggunakan model pembelajaran yang sama pada lokasi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |