Pengaruh pemanfaatan media berbasis teknologi informasi dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang 1 / Moh. Jufri Zainullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media berbasis teknologi informasi dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang 1 / Moh. Jufri Zainullah

Zainullah, Moh. Jufri (2013) Pengaruh pemanfaatan media berbasis teknologi informasi dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang 1 / Moh. Jufri Zainullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zainullah Moh. Jufri. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN Malang 1 . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Drs. Mardono M.Si Kata Kunci media teknologi informasi perpustakaan sekolah hasil belajar Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini telah memberikan dampak dan pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi Informasi seperti penggunaan website ebook dan audio visual telah banyak dikembangkan dalam dunia pendidikan baik di negara maju maupun sedang berkembang seperti Indonesia melalui internet siswa juga bisa mendapatkan e-book yang tentunya dapat menambah wawasan pengetahuan tentang pelajaran ekonomi dan akan membawa perubahan pada hasil belajarnya. Selain itu peran perpustakaan sekolah juga penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Keberadaan perpustakaan sekolah menjadi sarana penunjang belajar bagi siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh pemanfaatan media berbasis Teknologi Informasi dan Perpustakaan Sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Malang I baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Malang I. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik proportional random sampling. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linier berganda uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji r square dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan secara parsial pemanfaatan media berbasis teknologi informasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. t sebesar (0 022) 0 05 ( 593 ). Dan hasil analisis data menunjukkan secara parsial pemanfaatan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. t sebesar (0 001) 0 05 ( 593 ). Sedangkan secara simultan pengaruh pemanfaatan media internet dan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. F sebesar (0 000) 0 05 ( 593 ). Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah Bagi sekolah diharapkan pihak sekolah dapat menyaring situs-situs tertentu seperti jejaring sosial game online dan situs yang berbau pornografi agar siswa memanfaatkan media berbasis teknologi informasi yang ada hanya untuk kepentingan belajar saja serta melarang siswa menggunakan media audio visual untuk menonton film yang tidak berhubungan dengan materi pembelajaran. Bagi guru khususnya guru bidang studi ekonomi hendaknya mengarahkan siswa untuk memanfaatkan media berbasis teknologi informasi dan perpustakaan sekolah agar siswa dapat memanfaatkannya secara optimal. Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan referensi dan hendaknya dapat mengembangkan variabel penelitian yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39180

Actions (login required)

View Item View Item