Peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya melatih kemampuan enterpreneurship siswa di MAN Malang 1 / Farid Ady Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya melatih kemampuan enterpreneurship siswa di MAN Malang 1 / Farid Ady Wijaya

Wijaya, Farid Ady (2013) Peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya melatih kemampuan enterpreneurship siswa di MAN Malang 1 / Farid Ady Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ady Wijaya Farid. 2013. Peranan Koperasi Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Dalam Upaya Melatih Kemampuan Entrepreneurship Siswa Di MAN Malang 1. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (2) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si. Kata Kunci Koperasi Sekolah Kemampuan Entrepreneurship Siswa Koperasi sekolah merupakan koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggotanya siswa-siswi. Keberadaan koperasi sekolah dibutuhkan untuk melatih dan mendidik kemampuan kewirausahaan siswa. Adanya koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan wirausaha diharapkan yang mengelola koperasi sekolah siswa sendiri di bawah bimbingan guru di sekolah serta dapat memanfaatkan sebagai tempat belajar serta menuangkan ide untuk menambah pengetahuan dalam bidang usaha. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui gambaran yang jelas bagaimana peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya melatih kemampuan entrepreneurship apakah keberadaan koperasi sekolah mampu mendidik dan melatih siswa berkoperasi dan berwirausaha. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pengelolaan koperasi sekolah peranan koperasi sekolah sebagai sarana pendidikan dalam upaya melatih kemampuan entrepreneurship siswa dan manfaat yang diperoleh siswa dengan mengikuti kegiatan koperasi sekolah dalam upaya melatih kemampuan entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan guru pembina koperasi sekolah guru ekonomi dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama pengelolaan koperasi sekolah yang ada di MAN Malang 1 bisa dikatakan baik karena program yang dijalankan dapat membuat siswa ikut berperan aktif di dalam pengelolaannya sehingga dapat bermanfaat dan menunjang siswa untuk mempraktekkan pengetahuan tentang kewirausahaan yang sudah diperolehnya. Kedua peranan koperasi sekolah di MAN Malang 1 dalam melatih kemampuan entrepreneurship siswa sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat bahwa MAN Malang 1 dengan berbagai program koperasi sekolah mampu melatih dan mendidik siswa dalam mengembangkan potensi kewirausahaan sesuai dengan tingkat minat dan potensi yang dimiliki siswa melatih dan mendidik siswa dalam memanajemen koperasi sekolah khususnya dalam memberikan layanan terhadap beragam kebutuhan siswa berkaitan dengan kelancaran proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39178

Actions (login required)

View Item View Item