Pengaruh pemanfaatan internet sebagai fasilitas belajar dan motivasi yang ditimbulkannya terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMPN 2 Malang / Dwi Ratna Banuwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan internet sebagai fasilitas belajar dan motivasi yang ditimbulkannya terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMPN 2 Malang / Dwi Ratna Banuwati

Banuwati, Dwi Ratna (2013) Pengaruh pemanfaatan internet sebagai fasilitas belajar dan motivasi yang ditimbulkannya terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMPN 2 Malang / Dwi Ratna Banuwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemanfaatan internet motivasi prestasi Prestasi bisa dipengaruhi oleh berbagai hal positif yang ada di sekitar siswa salah satunya adalah motivasi dan fasilitas belajar yang disediakan baik di rumah maupun di sekolah. Dalam penelitian ini fasilitas belajar yang dimaksud adalah internet dan motivasinya adalah motivasi yang ditimbulkan oleh internet tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis beberapa hal dengan menggunakan analisis jalur yaitu bagaimana pemanfaatan internet motivasi yang ditimbulkan oleh internet prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi siswa pengaruh motivasi yang ditimbulkan oleh internet terhadap prestasi. Karena dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur jadi cara meregresnya adalah per jalur. Yaitu internet terhadap motivasi motivasi terhadap prestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 2 Malang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 352 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan dua variabel bebas yaitu pemanfaatan internet sebagai fasilitas belajar dan motivasi yang ditimbulkannya serta satu variabel terikat yaitu prestasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut pemanfaatan internet sebagai fasilitas belajar di SMPN 2 Malang masih dalam kategori kadang-kadang siswa kelas VIII memanfaatkannya pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan rentangan waktu 5 10 jam dalam 1 minggu siswa tergolong setuju terhadap motivasi yang ditimbulkan oleh internet dalam hal ini adalah motivasi dalam belajar IPS yang dibantu dengan fasilitas belajar berupa internet berdasarkan data nilai rata-rata siswa diperoleh hasil prestasi siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu adalah baik. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39175

Actions (login required)

View Item View Item