Pengaruh economic literacy dan persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial terhadap pola konsumsi (studi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu) / Siti Agus Setyo Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh economic literacy dan persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial terhadap pola konsumsi (studi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu) / Siti Agus Setyo Rini

Rini, Siti Agus Setyo (2013) Pengaruh economic literacy dan persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial terhadap pola konsumsi (studi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu) / Siti Agus Setyo Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci economic literacy persepsi pola asuh orang tua finansial dan pola konsumsi. Siswa SMA merupakan anak yang tergolong masih remaja yang mengalami masa perkembangan diri yang kompleks. Berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan remaja cenderung mengkonsumsi suatu produk dengan menitikberatkan pada status sosial mode dan kemudahan daripada pertimbangan ekonomis. Beberapa hal yang harus dipelajari para siswa adalah bagaimana membangun kemampuan nalar dan logika serta bagaimana mengambil keputusan yang tepat. Kemampuan tersebut telah dipelajari siswa di sekolah dan di rumah. Di sekolah siswa memperoleh economic literacy. Di rumah orang tua menerapkan pola asuh dalam hal finansial sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh economic literacy dan persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial terhadap pola konsumsi yang dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Batu sebagai populasinya. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah propotional random sampling yaitu sebesar 30% dari jumlah populasi masing-masing kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda uji t dan uji F. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis regresi linear berganda uji t menunjukkan bahwa economic literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap pola konsumsi. Begitu pula dengan variabel persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial. Uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel economic literacy dan persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi. Variabel yang mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap pola konsumsi adalah economic literacy yaitu sebesar 21 5%. Sedangkan pengaruh persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial terhadap pola konsumsi adalah 15 2%. Dari penjumlahan sumbangan efektif tersebut diketahui 36 7% pola konsumsi dipengaruhi oleh economic literacy dan persepsi pola asuh orang tua dalam hal finansial. Sedangkan sisanya sebesar 63 3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka penulis memberikan saran yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu guru mata pelajaran ekonomi hendaknya memberikan dorongan kepada siswa untuk meningkatkan economic literacy siswa dengan cara memberikan pembelajaran yang bervariasi dan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel di luar variabel pada penelitian ini yang memberikan konstribusi terhadap pola konsumsi siswa. Misalnya kelompok acuan iklan dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39172

Actions (login required)

View Item View Item