Status dan prospek Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dalam kaitannya meningkatkan mutu pendidikan ekonomi di SMA Negeri 1 Batu / Novita Sari Putri

Putri, Novita Sari (2013) Status dan prospek Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dalam kaitannya meningkatkan mutu pendidikan ekonomi di SMA Negeri 1 Batu / Novita Sari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Status, Prospek, RSBI, Mutu Pendidikan, Ekonomi Latar belakang penelitian ini berdasarkan apa yang terjadi saat ini, yaitu tentang globalisasi. Dimana era globalisasi menuntut adanya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu bersaing dalam dunia Internasional. Dari sinilah muncul salah satu langkah yang telah ditempuh oleh pemerintah Indonesia untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap terjun dalam persaingan Internasional. Hal yang dilakukan pemerintah melalui bidang pendidikan adalah membentuk sebuah sekolah dengan taraf internasional, atau yang dikenal dengan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah bertaraf Internasional (SBI). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan status dan prospek Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dalam kaitannya meningktakan mutu pendidikan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batu. Informan terdiri dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Batu, Waka Bidang Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kesiswaan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Batu. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama dalam kenyataannya, program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) maupun Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) telah dihapus oleh pemerintah. Kedua, SMA Negeri 1 Batu merupakan SMA yang dahulu berstatus RSBI dan telah melaksanakan program tersebut dengan baik di sekolah tersebut. Ketiga, semua sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 1 Batu telah mencukupi dan sangan memadai. Sarana dan prasarana tersebut telah mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa. Keempat, cara pembelajaran di SMA Negeri 1 Batu berjalan dengan baik meskipun tidak lagi berstatus RSBI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39171

Actions (login required)

View Item View Item