Perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS Billingual dengan reguler pada mata pelajaran eko9nomi di MAN Malang II Kota Batu / Melina Bekti Apriatin

Apriatin, Melina Bekti (2013) Perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS Billingual dengan reguler pada mata pelajaran eko9nomi di MAN Malang II Kota Batu / Melina Bekti Apriatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Kelas Bilingual, Kelas Reguler. Peningkatan mutu pendidikan sangat ditentukan oleh peserta didik yang menjadi subjek dan objek dalam pendidikan. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam peningkatan mutu pendidikan adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa merupakan hasil yang dicapai seseorang setelah melakukan kegiatan belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain faktor endogen dan faktor eksogen. Salah satu faktor endogen dalam prestasi belajar adalah motivasi belajar pada diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas XI IPS bilingual dengan reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu, (2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa kelas XI IPS bilingual dengan reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu, (3) Apakah terdapat perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS bilingual dengan reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menemukan perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS bilingual dengan reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel pada kelas XI IPS bilingual adalah 33 dan jumlah sampel pada kelas XI IPS reguler sebesar 33. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan kesetaraan prestasi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif dan uji-t (T TEST). Sedangkan untuk pengolahan data serta pengujian hipotesis menggunakan bantuan program komputer SPSS for windows release 16. Hasil penelitiannya dapat dilihat dari hasil uji-t bahwa: (1) tingkat motivasi belajar siswa kelas XI IPS bilingual pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu termasuk dalam kategori sangat baik, (2) tingkat motivasi belajar siswa kelas XI IPS reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu termasuk dalam kategori baik, (3) tingkat prestasi belajar siswa kelas XI IPS bilingual pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu termasuk dalam kategori cukup tinggi, (4) tingkat prestasi belajar siswa kelas XI IPS reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu termasuk dalam kategori cukup tinggi, (5) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas XI IPS siswa kelas XI IPS bilingual dengan reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu, (6) tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi siswa kelas XI IPS bilingual dengan reguler pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang II Kota Batu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penulis memberikan saran sebagai berikut (1) bagi kepala sekolah diharapkan dapat dijadikan masukan untuk mengarahkan guru mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada seluruh kelas, dengan memberikan pengarahan penggunaan strategi belajar yang tepat dan peningkatan profesionalitas guru. Sehingga peningkatan mutu pendidikan khususnya di MAN Malang II Kota Batu dapat dilakukan secara merata, (2) bagi guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS diharapkan dapat dijadikan tolak ukur dan masukan untuk senantiasa meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan strategi belajar yang tepat pada mata pelajaran ekonomi serta terus mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhinya, (3) bagi siswa kelas kelas XI IPS dapat dijadikan refleksi bagi siswa kelas XI IPS untuk dapat terus meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya, sehingga peningkatan mutu dapat dimaksimalkan, dan (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, mengingat faktor yang mempengaruhi belajar sangat banyak. Sehingga penelitian selanjutnya dapat memberikan hasil yang valid dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39170

Actions (login required)

View Item View Item