Penerapan metode pembelajarn kooperatif dengan menggabungkan teknik Numbered Heads Together (NHT) dan Example non example untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII A SMPN 1 Malang / Novarida Ermaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajarn kooperatif dengan menggabungkan teknik Numbered Heads Together (NHT) dan Example non example untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII A SMPN 1 Malang / Novarida Ermaningsih

Ermaningsih, Novarida (2013) Penerapan metode pembelajarn kooperatif dengan menggabungkan teknik Numbered Heads Together (NHT) dan Example non example untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII A SMPN 1 Malang / Novarida Ermaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Kooperatif Teknik Numbered Heads Together Teknik Example non Example hasil belajar Berdasarkan hasil Obeservasi awal diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIIA SMPN 1 Malang masih banyak yang belum mencapai KKM di bandingkan kelas-kelas lain seperti kelas VIIB C dan D dengan guru mata pelajaran yang sama. Hasil angket juga menunjukkan jika siswa merasa kurang tertarik apabila belajar IPS. Guru sudah menerapkan beberapa metode pembelajaran yang kooperatif akan tetapi guru belum menemukan metode yang tepat dan sesuai dengan karakteristik kelas VIIA yaitu pada saat diskusi berlangsung siswa cenderung pasif belum bisa bekerja sama dengan baik dan membuat kegaduhan sendiri. Beberapa hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 80. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan pada latar belakang masalah peneliti memutuskan untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif dengan menggabungkan teknik pembelajaran Numbered Heads Together dan Example non Example. Rumusan masalah ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah penerapan Penerapan Metode pembelajaran Kooperatif Dengan Menggabungkan Teknik Numbered Together (NHT) Dan Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIIA SMPN 1 Malang (2) Bagaimanakah respon siswa kelas VIIA SMPN 1 Malang terhadap penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggabungkan Teknik Numbered Together (NHT) Dan Example Non Example Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung 2 siklus subyek penelitian ini ialah siswa kelas VIIA SMPN 1 Malang yang terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara tes angket dan catatan lapangan. analisis data yang digunakan ialah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan jika penerapan metode Pembelajaran Numbered Heads Togetether dan Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan sebesar dari siklus 1 ke siklus 2 10 35% dari siklus 1 hasil belajar sebesar 82 75% menjadi 93 10% pada siklus II. Beradasarkan pada hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan yaitu (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif yang menggabungkan Teknik Numbered Heads Together dan Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 1 Malang (2) Penerapan metode pembelajaran kooperatif yang menggabungkan Teknik Numbered Heads Together dan Example non Example untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 1 Malang mendapatkan respon yang positif dari guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas VIIA SMPN 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39167

Actions (login required)

View Item View Item