Pradana, Taofan Yogi (2013) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan pergaulan teman sebaya terhadap perilaku ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang / Taofan Yogi Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar Pergaulan Teman Sebaya Perilaku Ekonomi Perilaku ekonomi remaja saat ini cenderung mengarah ke perilaku konsumtif yang berlebihan dan didukung dengan sifat remaja yang labil. Lingkungan pergaulan mereka dengan teman sebaya juga menyumbangkan pengaruh dalam mempengaruhi pemikiran mereka baik positif maupun negatif dalam berperilaku ekonomi. Pelajaran ekonomi yang diberikan di sekolah seharusnya dapat menjadi pedoman siswa dalam berperilaku ekonomi secara rasional namun kenyataanya banyak siswa yang masih belum mengaplikasikan materi yang diberikan di sekolah kedalam berperilaku ekonomi setiap hari. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang (1) pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku ekonomi siswa (2) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku ekonomi siswa dan (3) pengaruh hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan pergaulan teman sebaya tehadap perilaku ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang. Dalampenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifuntukmenggambarkantentangkondisihasil belajar pergaulan teman sebaya dan perilaku ekonomi siswa.Sedangkananalisisregresi linier bergandauntukmengetahuibesarnyapengaruhhasil belajardanpergaulan teman sebayaterhadap perilaku ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1Tumpang.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXI IPS SMA Negeri1 Tumpang yang berjumlah156siswadansampelnyasebesar112siswa.TeknikpengambilansampelmenggunakanProportional Random Sampling. Hasilanalisissecaraparsialterdapatpengaruh yang signifikanterhadapprestasibelajarterbuktidaribesaranprobabilitas (sig) 1) hasil belajar mata pelajaran ekonomi 0.018 di bawah 0.05 maka Ho ditolakdan Ha diterima 2) pergaulan teman sebaya 0.000 di bawah 0.05 maka Hoditolakdan Ha diterima. Sedangkansecarasimultandarihasiluji F diketahuibesaranprobabilitas (sig) 0.000 0.05 menunjukkanbahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan pergaulan teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku ekonomi siswa. Sedangkan kontribusi pengaruh yang diberikan oleh variabel hasil belajar mata pelajaran dan pergaulan dengan teman sebaya adalah sebesar 36 9% (R square 0 369) terhadap perilaku ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang. Kesimpulandarihasilpenelitianiniadalahterdapatpengaruhhasilbelajarmatapelajaranekonomidanpergaulantemansebayaterhadapperilakuekonomisiswakelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39166 |
Actions (login required)
View Item |