Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 1 Singosari / Gugus Ady Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 1 Singosari / Gugus Ady Santoso

Santoso, Gugus Ady (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMPN 1 Singosari / Gugus Ady Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Motivasi Belajar Hasil belajar Pembelajaran kooperatif dengan model Jigsaw merupakan salah satu pembelajaran kooperatif dimana kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis di SMPN 1 Singosari diketahui bahwa siswa cenderung memiliki sifat yang egois dan metode yang biasa digunakan oleh guru adalah metode konvensional yaitu ceramah maka rasa kerjasama antar siswa kurang terlihat dan potensi yang dimiliki siswa kurang tergali karena siswa jarang diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat. Cara belajar ini belum memberikan hasil belajar yang memuaskan pada siswa dan siswa cenderung merasa bosan dengan pengajaran tersebut. Oleh karena itu penulis menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Singosari. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Singosari pada materi pokok bahasan Pasar. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22-26 November 2012 dan 28-29 November 2012 dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kegiatan siswa lembar penilaian motivasi belajar siswa dan angket pendapat siswa mengenai penerapan pembelajaran kooperatif melalui model Jigsaw. Analisis hasil penelitian di deskripsikan dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan persentase ketercapaian guru dalam menerapkan langkah-langkah model Jigsaw dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 84.6% sedangkan dari observasi kegiatan siswa pada siklus I ke siklus II ada peningkatan sebesar 27 27%. Motivasi belajar siswa berdasarkan lembar penilaian motivasi silus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 21 43% sedangkan berdasarkan angket motivasi belajar siswa siklus I dan silus II mengalami peningkatan sebesar 10 57%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari kenaikan nilai rata-rata post test siklus I dan siklus II sebesar 5 2% dan meningkatkan aktifitas siswa dalam mempresentasikan bertanya menjawab pertanyaan dan menanggapi permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan maka dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 21 43% berdasarkan lembar penilaian motivasi sedangkan berdasarkan angket motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 10 57% dan hasil belajar siswa sebesar 5 2% dalam proses belajar mengajar siswa menjadi lebih tertarik karena adanya variasi pembelajaran oleh guru sehingga siswa tidak lagi merasa bosan. Selain itu dalam proses pembelajaran siswa lebih berperan aktif. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan (1) Bagi guru matapelajaran Ekonomi di SMPN 1 Singosari disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw sebagai salah satu alternatif pembelajaran didalam kelas dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw hendaknya dilakukan dengan menyesuaikan materi yang akan diajarkan dan ketersediaan waktu yang cukup. (3) Penelitian ini hendaknya dilakukan peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi mata pelajaran ekonomi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39164

Actions (login required)

View Item View Item