Upaya meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) kelas VII di SMP Negeri 17 Malang / Karsten Sollyardra - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) kelas VII di SMP Negeri 17 Malang / Karsten Sollyardra

Sollyardra, Karsten (2013) Upaya meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) kelas VII di SMP Negeri 17 Malang / Karsten Sollyardra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Numbered Head Together (NHT) Aktivitas Motivasi belajar Berdasarkan observasi dan pengalaman peneliti sebagai guru PPL di SMP Negeri 17 Malang dapat diketahui bahwa siswa kurang tertarik dalam pembelajaran IPS (Ekonomi). Rasa ketidaktertarikan siswa dapat dilihat dari suasana kelas maupun aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga suasana kelas menjadi ramai. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah sehingga perlu ada variasi model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Salah satu upaya yang diharapkan dapat memperbaikinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 17 Malang yang terdiri dari siswa laki-laki 23 anak dan perempuan 18 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi siswa lembar observasi aktivitas siswa lembar observasi kegiatan guru dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 17 Malang. Motivasi memiliki 4 aspek yaitu aspek keaktifan meningkat dari 53 048% pada siklus I menjadi 68 345% pada siklus II aspek keantusiasan meningkat dari 58 841% pada siklus I menjadi 60 642% pada siklus II aspek keceriaan meningkat dari 71 341% pada siklus I menjadi 93 003% pada siklus II dan aspek minat meningkat dari 51 219% pada siklus I menjadi 61 625% pada siklus II. Dan untuk aktivitas belajar meliputi beberapa aspek yaitu visual meningkat dari 64 024% pada siklus I menjadi 82 5657% pada siklus II aspek oral meningkat dari 59 857% pada siklus I menjadi 65 606% pada siklus II aspek mendengar meningkat dari 70 884% pada siklus I menjadi 91 885% pada siklus II aspek menulis meningkat dari 64 786% pada siklus I menjadi 79 276% pada siklus II apek mental meningkat dari 57 926% pada siklus I menjadi 66 228% pada siklus II dan aspek emosional meningkat dari 73 983%% pada siklus I menjadi 83 406% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan beberapa hal sebagai berikut (1) Bagi guru mata pelajaran IPS diharapkan dalam proses pembelajaran di kelas tidak hanya menerapkan model ceramah tetapi juga dapat menerapkan model pembelajaran seperti kooperatif Numbered Head Together (NHT) dalam rangka untuk lebih meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa (2) Bagi sekolah penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan bagi mata pelajaran lain sehingga siswa SMP Negeri 17 Malang dapat meningkat mutu pembelajaran / pendidikannya (3) Siswa diharapkan dapat lebih ikut berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran IPS menjadi interaktif dan dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa (4) Bagi penulis lebih memperhatikan efisiensi waktu dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39162

Actions (login required)

View Item View Item