Penerapan sistem Moving Class untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang / Nuril Lailia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan sistem Moving Class untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang / Nuril Lailia

Lailia, Nuril (2013) Penerapan sistem Moving Class untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang / Nuril Lailia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sistem Moving Class Motivasi Hasil Belajar Pelaksanaan program RSBI merupakan tantangan yang tidak mudah yang harus dihadapi oleh SMP Negeri 5 Malang. Model pembelajaran Moving Class merupakan salah satu prasyarat yang harus dipenuhi untuk menjadi RSBI. Sistem Moving Class menuntut siswa harus berpindah atau bergerak menuju kelas berbeda-beda sesuai jadwal pelajaran dan jam pelajaran. Melalui Sistem Moving Class diharapkan akan berpengaruh positif terhadap perilaku siswa yang nampak dalam meningkatnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang melalui penerapan Sistem Moving Class. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 RSBI 2 di SMP Negeri 5 Malang yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket hasil tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Moving Class dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Untuk itu maka disarankan bagi sekolah yang bertaraf internasional pada khususnya dan sekolah lain pada umumnya untuk menerapkan Sistem Moving Class. Penerapan Sistem Moving Class membuat siswa tidak mudah merasa bosan dengan suasana di dalam kelas karena siswa selalu berpindah disetiap pergantian jam pelajaran tetapi Sistem Moving Class ini membuat jam pelajaran berkurang karena proses perpindahan dari kelas yang satu ke kelas berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39160

Actions (login required)

View Item View Item