Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray kolaborasi dengan picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas x SMAN 3 Malang / Arisanti Widyaning Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray kolaborasi dengan picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas x SMAN 3 Malang / Arisanti Widyaning Rahayu

Rahayu, Arisanti Widyaning (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray kolaborasi dengan picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas x SMAN 3 Malang / Arisanti Widyaning Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajarn Kooperatif Two Sty Two Stray Picture and Picture Hasil Belajar. Pendidikan sebagai upaya manusia merupakan aspek dan hasil budaya terbaik yang mampu disediakan setiap generasi manusia untuk kepentingan generasi muda agar melanjutkan dan cara hidup mereka dalam konteks sosio budaya. Permasalahan dalam pendidikan sangatlah komplek. Permasalah yang biasa muncul adalah siswa yang tidak bergairah dalam belajar pembelajaran terpusat oleh guru yang membuat mereka bosan. Untuk itu pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray kolaborasi dengan Picture and Picture tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Karena dengan pembelajaran tipe Two Stay Two Stray peserta didik dapat terlibat aktif untuk menggali materi yang dipelajari. Berdasarkan studi pendahuluan pembelajaran ini tepat diterapkan di kelas X-4 SMAN 3 Malang. Karakteristik siswa kelas X-4 SMAN 3 Malang dalam pembelajaran adalah lebih menyukai model pembelajaran yang dapat mengikutsertakan siswa dan membuat siswa untuk ikut aktif dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan dapat memahami materi dengan baik. Berdasarkan uraian diatas peneliti mengambil judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Kolaborasi dengan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 3 Malang . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray kolaborasi dengan Picture and Picture. Hasil belajar siswa yang diukur adalah ranah kognitif dan menggunakan instrument berupa tes tulis dalam bentuk soal subyektif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray kolaborasi dengan Picture and Picture dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi materi pasar input dan pasar output di SMA Negeri 3 Malang. Nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat yaitu 87 71 pada siklus I dan 88 22 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39156

Actions (login required)

View Item View Item