Evaluasi perangkat pembelajaran dan pelaksanaan mengajar guru mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo / Deffy Novasisca - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi perangkat pembelajaran dan pelaksanaan mengajar guru mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo / Deffy Novasisca

Novasisca, Deffy (2013) Evaluasi perangkat pembelajaran dan pelaksanaan mengajar guru mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo / Deffy Novasisca. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci evaluasi perangkat pembelajaran pelaksanaan mengajar guru ekonomi Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui evaluasi. Evaluasi atau penilaian merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Melalui evaluasi bisa mengetahui perkembangan kualitas perangkat pembelajaran dan pelaksanaan mengajar guru dengan cara menganalisis dan memberi penilaian terhadap masalah yang ditemukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kualitas pelaksanaan pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kesesuaian perangkat pembelajaran dan pelaksanaan mengajar guru mata pelajaran IPS terpadu (ekonomi) sekolah menengah pertama di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara observasi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman wawancara lembar observasi dan dokumen perangkat pembelajaran. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kualitas perangkat pembelajaran sekolah menengah pertama di kabupaten Sidoarjo yang paling baik yaitu dari guru ekonomi SMPN 3 Porong (SG) dan yang kurang yaitu dari guru ekonomi SMPN 1 Sidoarjo (HR). Kedua kualitas pelaksanaan pembelajaran sekolah menengah pertama di Kabupaten Sidoarjo dari guru ekonomi SMPN 3 Porong (SG) dengan persentase sebesar 95% lebih baik daripada guru ekonomi SMPN 1 Sidoarjo (HR) persentase sebesar 87 5% guru ekonomi SMPN 1 Porong (PN) sebesar 80% dan guru ekonomi MTs Al-Fudhola Porong (IS) sebesar 77 5%. Ketiga kesesuaian perangkat pembelajaran dan pelaksanaan mengajar guru ekonomi sekolah menengah pertama di kabupaten Sidoarjo yang terdiri dari guru ekonomi SMPN 1 Sidoarjo (HR) guru ekonomi SMPN 1 Porong (PN) guru ekonomi SMPN 3 Porong (SG) dan guru ekonomi MTs Al-Fudhola Porong (IS) setiap melakukan pembelajaran di dalam kelas tidak bisa selalu sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengajukan saran (1) Bagi sekolah diharapkan mempunyai standar dalam pembuatan perangkat pembelajaran (2) Bagi guru dapat menyusun perangkat pembelajaran yang terlebih dahulu dimulai dengan pengalokasian waktu kemudian membuat Program Tahunan Program Semester SILABUS dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pelaksanaan pembelajaran diharapkan mengacu pada perangkat pembelajaran yang telah disusun agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal (3) Bagi Kepala Sekolah diharapkan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan dalam penyusunan perangkat pembelajaran (4) Bagi peniliti lain diharapkan bisa mengembangkan penelitian sebelumnya (5) Bagi Universitas Negeri Malang (UM) diharapkan bisa lebih meningkatkan kriteria atau standar pendidikan untuk mempersiapkan calon guru profesional terutama guru pada mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39155

Actions (login required)

View Item View Item