Analisis penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Khoimatun Tira Mita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Khoimatun Tira Mita Sari

Sari, Khoimatun Tira Mita (2013) Analisis penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Khoimatun Tira Mita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Ekonomi Pada tahun 2010 pemerintah telah mensosialisasikan pendidikan karakter di setiap jenjang pendidikan. Namun pengintegrasian pendidikan karakter mulai diterapkan pada tahun 2011/2012. Kebijakan ini dilaksanakan oleh semua sekolah mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan perguruan tinggi. Pendidikan karakter adalah mengintegrasikan nilai karakter dan menerapkannya pada setiap mata pelajaran. Tugas guru tidak hanya mentransfer ilmu tetapi juga menerapkan pendidikan karakter. Penerapan pendidikan karakter mulai dari memasukkan nilai-nilai karakter dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dan kemudian menerapkan nilai-nilai tersebut melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan pendidikan karakter faktor pendukung dan faktor penghambatnya serta hasil penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami sehingga tidak ada batasan dalam memahami fenomena yang sedang dikaji. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 7 Malang untuk memberikan hasil penelitian yang luas dan lengkap. Penelitian ini mengambil subyek guru ekonomi SMA Negeri 7 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama Guru ekonomi SMA Negeri 7 Malang sudah memahami penerapan pendidikan karakter dan sudah menerapkan pendidikan karakter dalam perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP yang telah dibuat oleh guru ekonomi serta dalam pembelajaran di kelas. Sedangkan persepsi guru ekonomi tentang penerapan pendidikan karakter bahwa pendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan karena dengan adanya penerapan pendidikan karakter dapat menunjukkan kemampuan hakiki peserta didik. Kedua pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomis ecara teoretis sudah dilaksanakan. Tetapi dalam pelaksanaannya masih belum terlaksana dengan maksimal. Hal itu bisa dilihat ketika guru menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas yaitu melalui model pembelajaran yang digunakan. Guru belum menerapkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan materi pembelajaran. Nilai-nilai tersebut belum ditanamkan secara maksimal. Ketiga faktor pendukung penerapan pendidikan karakter adalah semua pihak sekolah pemerintah serta KTSP. Pihak sekolah memberikan dukungan berupa penyediaan fasilitas yang berupa pelatihan-pelatihan penerapan pendidikan karakter workshop pendidikan karakter dan seminar pendidikan karakter yang mendukung ketercapaiannya pendidikan karakter di sekolah. Dari pemerintah memberikan sosialisasi pendidikan karakter dengan mengedarkan buku pedoman yang dapat dijadikan pedoman peserta didik untuk melaksankan pendidikan karakter. KTSP dapat mendukung ketercapain pendidikan karakter yaitu KTSP diimplementasikan dalam silabus dan silabus diimplementasikan dalam RPP yang dibuat oleh guru untuk perencanaan proses pembelajaran sehingga nilai-nilai karakter yang dicantumkan dalam silabus dan RPP dapat di sampaikan dan sesuai dengan perencanaan. Faktor penghambat pendidikan karakter adalah lingkungan yang kurang mendukung dan kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya pendidikan karakter. Keempat SMA Negeri 7 Malang belum memiliki indikator yang dijadikan sebagai pedoman untuk penilaian pendidikan karakter sehingga untuk penilaiannya masih belum maksimal. Penilaiannya berupa angka dan huruf. Padahal dari pemerintah sudah mensosialisasikan penilaiannya dinyatakan dalam pernyataan kualitatif dan memiliki makna terjadinya proses pembangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39154

Actions (login required)

View Item View Item