Penerapan perpaduan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dan example non example untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Zeny Nurliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpaduan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dan example non example untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Zeny Nurliana

Nurliana, Zeny (2013) Penerapan perpaduan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dan example non example untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Zeny Nurliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran Numbered Heads Together model pembelajaran Example Non Example kemampuan berpikir kritis hasil belajar. Pembelajaran IPS Terpadu yang dilakukan di SMP Negeri 2 malang memiliki standar ketuntasan Minimal (SKM) 75. Berdasarkan hasil observasi dengan guru IPS Terpadu SMP Negeri 2 Malang metode yang digunakan dalam pengajaran IPS Terpadu adalah metode ceramah. Salah satu solusi yang dapat dipergunakan dalam mengatasi masalah permasalahan ini adalah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Example Non Example. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classrom Action Research dengan pendekatan kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sebagaimana terjadi secara alami melalui pengumpulan data dan data alami. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat refleksi oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi-kondisi dimana praktek-praktek pembelajaran itu dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 47% dan pada siklus II meningkat menjadi 78%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 87 5%. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi guru IPS Terpadu dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dengan pengelolaan kelas yang baik agar menjadi lebih kondusif. Selain diharapkan bisa memanajemenkan waktu dan kesiapan untuk proses pembelajaran. Untuk penelitian lanjutan model ini perlu diterapkan pada kelas sekolah dan materi yang berbeda untuk dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39153

Actions (login required)

View Item View Item