Pengaruh modernitas individu, perilaku sosial dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Talun Blitar / Muchyi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu, perilaku sosial dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Talun Blitar / Muchyi

Muchyi, Candela (2013) Pengaruh modernitas individu, perilaku sosial dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Talun Blitar / Muchyi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modernitas individu perilaku sosial fasilitas sekolah hasil belajar Berbagai aspek kehidupan yang mengalami kemajuan dalam era modernisasi yakni bidang pendidikan. Secara umum diketahui bahwa sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami banyak kemajuan untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Di samping itu kemauan masyarakat itu sendiri untuk menjadi modern berdampak pada cara berperilaku sosial yang dilakukan dalam menjalani kehidupan. Sehingga turut mempengaruhi individu-individu tersebut dalam menerima segala perubahan yang terjadi. Siswa sebagai bagian dari masyarakat seharusnya dapat bersikap modern dan memiliki perilaku sosial yang lebih difokuskan untuk meningkatkan hasil belajar. Faktor yang harus diperhatikan untuk mendukung modernitas tersebut salah satunya yakni fasilitas atau sarana dan prasarana pendidikan. Fasilitas ini secara langsung dan tidak langsung mendukung individu dalam mencapai tujuan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dalam hal ini yang dimaksud dengan kualitas adalah tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Adanya faktor-faktor tersebut dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar apabila dilakukan secara optimal. Penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi pengaruh modernitas individu perilaku individu dan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Talun Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini bersifat eksplanasi (explanatory research) dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program IPS di SMA N 1 Talun Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 89 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan metode sensus yaitu mengambil semua populasi sebagai sampel (penelitian populasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh langsung modernitas individu (X1) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 179 yang berarti 0 05. (2) pengaruh langsung perilaku sosial (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 124 yang berarti 0 05. (3) pengaruh langsung fasilitas sekolah (X3) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 041 yang berarti 0 05. (4) pengaruh langsung modernitas individu (X1) terhadap perilaku sosial (X2) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 001 yang berarti 0 05. (5) pengaruh tidak langsung modernitas individu (X1) terhadap hasil belajar (Y) melalui perilaku sosial (X2) diperoleh besaran pengaruh total sebesar 0 304 yang berarti 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini yakni (1) tidak ada pengaruh langsung modernitas individu (X1) terhadap hasil belajar (Y). (2) tidak ada pengaruh langsung perilaku sosial (X2) terhadap hasil belajar (Y). (3) ada pengaruh langsung modernitas individu (X1) terhadap perilaku sosial (X2). (4) ada pengaruh langsung fasilitas sekolah (X3) terhadap hasil belajar (Y). (5) tidak ada pengaruh tidak langsung modernitas individu terhadap hasil belajar melalui perilaku sosial siswa kelas XI IPS SMA N 1 Talun. Saran yang dapat diajukan yaitu (1) bagi sekolah melakukan pengembangan yang mendukung pembelajaran di sekolah khususnya untuk meningkatkan fasilitas/sarana dan prasarana sehingga dapat mendukung siswa dalam proses pembelajaran. (2) bagi guru maupun orang tua hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kontrol guru dan orang tua untuk anak didiknya agar menyeleksi penyerapan ilmu pengetahuan dan teknologi mana saja yang dapat meningkatkan kemampuan/hasil belajar di sekolah. (3) bagi praktisi akademis dapat memperbaiki kekurangan dalam penelitian ini untuk penelitian selanjutnya. Dapat dilakukan dengan menambah atau mengurangi variabel bebas maupun terikat menggunakan teknik sampel yang berbeda lokasi penelitian yang berbeda dsb.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39150

Actions (login required)

View Item View Item