Evaluasi buku mata pelajaran IPS terpadu kelas reguler dan kelas bilingual (studi kasus pada buku IPS terpadu SMP kelas VII) / Aziz Ulil Anhar - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi buku mata pelajaran IPS terpadu kelas reguler dan kelas bilingual (studi kasus pada buku IPS terpadu SMP kelas VII) / Aziz Ulil Anhar

Anhar, Aziz Ulil (2013) Evaluasi buku mata pelajaran IPS terpadu kelas reguler dan kelas bilingual (studi kasus pada buku IPS terpadu SMP kelas VII) / Aziz Ulil Anhar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Evaluasi Buku Mata Pelajaran IPS Terpadu Reguler Bilingual. Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah baik bagi siswa maupun bagi guru. Bagi siswa buku teks berguna untuk memperoleh berbagai pengetahuan dan informasi dalam mendukung proses belajar. Bagi guru buku teks berfungsi sebagai sumber materi ajar untuk guru yang tidak mampu atau siap membuat bahan ajar sendiri berdasarkan kompetensi dalam kurikulum yang berlaku. Buku teks yang baik harus memiliki cakupan materi yang luas dan mendalam menyajikan konsep yang benar sesuai dengan kaidah bahasa yang baku dan penyajian media haruslah sesuai dan mendukung dengan materi yang disajikan. Seiring dengan maraknya RSBI (Rancangan Sekolah Berstandar Internasional) untuk menuju SBI (Sekolah Berstandar Internasional) buku teks IPS kelas VII yang digunakan pun berbeda dengan buku kelas reguler. Akan tetapi baik buku kelas reguler ataupun bilingual menggunakan acuan yang sama yaitu BSNP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi kualitas antar buku yang digunakan berdasarkan saran TIM MGMP IPS Kota Blitar yang meliputi (1) bagaimana cakupan materi baik keluasan dan kedalaman materi (2) bagaimana kebenaran konsep yang disajikan (3) bagaimana kebenaran bahasa yang digunakan dan (4) bagaimana kebenaran media yang digunakan dalam buku-buku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis) untuk menarik kesimpulan yang valid dari sebuah buku atau dokumen secara objektif sistematis dan komunikatif menggunakan seperangkat prosedur. Berdasarkan hasil wawancara dengan TIM MGMP IPS SMP Kota Blitar buku yang disarankan digunakan di SMP Kelas VII sekaligus dijadikan sebagai objek penelitian untuk kelas reguler yaitu terbitan Depdiknas meliputi Buku Sekolah Elektonik (BSE) karangan Muh. Nurdin dkk. dan karangan Nurhadi dkk. buku terbitan Erlangga karangan K. Wardiyatmoko karangan B.V. Sundari dkk. dan buku terbitan Yudhistira karangan Anwar Kurnia dan buku teks untuk kelas bilingual yaitu buku terbitan Yrama Widya yang dikarang oleh Noviyanti Awaliyah dan R. Yudhi Kurnia Hidayat dan juga buku teks terbitan Tiga Serangkai karangan Suroso dan Rendro Adi Widigdo. Hasil penelitian menunjukkan dengan rerata skor maksimal sempurna 4 buku yang memiliki kualitas paling bagus adalah terbitan Erlangga karangan K.Wardiyatmoko dengan rerata skor 3 625. Kekurangan terdapat dalam kebenaran bahasa yaitu penyusunan kalimat dan paragraf. Buku terbitan Yudhistira karangan Anwar Kurnia dengan rerata skor 3 25. Kekurangan terdapat dalam cakupan materi kurang mendalam dan kurang meluas pada KD 6.3. dan terdapat dalam kebenaran bahasa Buku terbitan Tiga Serangkai karangan Suroso dan Rendro Adi Widigdo rerata skornya 3. Kekurangan terdapat dalam cakupan materi kurang mendalam dan kurang meluas pada KD 6.4. dan terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan structure dalam kalimat. Rerata skor 3 buku terbitan Yrama Widya karangan Noviyanti Awaliyah dan R. Yudhi Kurnia Hidayat. Kekurangan terdapat dalam cakupan materi kurang mendalam dan kurang meluas pada KD 3.1 dan 6.4. dan terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan structure dalam kalimat. Buku terbitan Erlangga karangan B.V. Sundari dkk. rerata skor 2 375. Kekurangan terdapat dalam cakupan materi kurang mendalam dan kurang meluas pada KD 3.1 6.3 dan 6.4. terdapat dalam kebenaran bahasa dan hanya terdapat dua media yang disajikan. Buku terbitan Depdiknas karangan Nurhadi dkk. rerata skor 2 25. Kekurangan terdapat dalam cakupan materi kurang mendalam dan kurang meluas pada KD 3.1 6.3 dan 6.4. terdapat dalam kebenaran bahasa masih sangat kurang dan terdapat banyak media yang tidak berfungsi. Dengan skor 1 5 buku terbitan Depdiknas karangan karangan Muh. Nurdin dkk. kekurangan terdapat dalam cakupan materi kurang mendalam dan kurang meluas pada KD 3.1 dan 6.4. terdapat banyak konsep yang salah kebenaran bahasa masih sangat kurang dan terdapat banyak media yang tidak berfungsi. Berdasarkan hasil evaluasi buku disarankan bagi guru bidang studi IPS Ekonomi sebaiknya sebelum menggunakan buku teks haruslah ditelaah terlebih dahulu mengenai penyajian cakupan materi konsep-konsep yang tersaji dalam buku kebenaran bahasa dan kebenaran dari media. Dan bagi peneliti lain agar meneliti komponen kelayakan yang belum tersaji dalam penelitian ini dan dapat melakukan penelitian terhadap buku mata pelajaran lain yang belum dijadikan objek dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39149

Actions (login required)

View Item View Item