Pengaruh minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas IX SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Yahya Agung Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas IX SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Yahya Agung Wibowo

Wibowo, Yahya Agung (2012) Pengaruh minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas IX SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Yahya Agung Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Belajar Efikasi Diri Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar. Prestasi merupakan tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam proses kegiatan belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Minat belajar efikasi diri dan kebiasaan belajar merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhinya. Dengan minat belajar yang tinggi akan menyebabkan siswa belajar dengan sebaik-baiknya karena ada daya tarik baginya. Minat yang dimiliki siswa akan memberikan stimulus untuk lebih giat belajar dalam mencapai prestasi belajar yang terbaik. Siswa dengan efikasi diri yang tinggi lebih mampu mengambil keputusan terhadap berbagai pilihan dalam belajar mana yang bisa dan yang tidak bisa dilakukan. Selain itu siswa yang memiliki efikasi diri tinggi lebih mampu mengukur seberapa besar usaha yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan belajarnya Dan kebiasaan belajar siswa yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan akan menjadi kebiasaan yang baik bagi siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi siswa tersebut. Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajar efikasi diri dan kebiasaan belajar sebagai variabel independen dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara minat belajar efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 248 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 71 siswa dengan teknik proportional random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar efikasi diri dan kebiasaan belajar mempunyai pengaruh positif secara signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 21 3% efikasi diri sebesar 34 7% dan kebiasaan belajar sebesar 16 3% dan besarnya sumbangan efektif total adalah sebesar 72 3% sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 71% dan sisanya sebesar 29% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar variabel minat belajar efikasi diri dan kebiasaan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39147

Actions (login required)

View Item View Item