Analisis kinerja guru mata pelajaran ekonomi SMA unggulan Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo / Indrawati Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja guru mata pelajaran ekonomi SMA unggulan Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo / Indrawati Wahyuni

Wahyuni, Indrawati (2012) Analisis kinerja guru mata pelajaran ekonomi SMA unggulan Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo / Indrawati Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kinerja Guru Program Sertifikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Pada dasarnya terdapat barbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan antara lain guru siswa sarana dan prasarana lingkungan pendidikan dan kurikulum. Dari beberapa faktor tersebut guru dalam kegiatan proses pembelajaran disekolah menempati kedudukan yang sangat penting dan tanpa mengabaikan faktor penunjang yang lain guru sebagai subjek pendidikan sangat menentukan keberhasilan pendidikan itu sendiri. Pendidikan yang bermutu sangat tergantung pada keberadaan guru yang bermutu yakni guru yang profesional sejahtera dan bermatabat. Dengan adanya sertifikasi diharapkan kompetensi guru sebagai agen pembelajaran akan meningkat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kinerja guru merupakan produk akhir dari serangkaian tindakan yang telah dilakukan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru pada mata pelajaran ekonomi dan untuk mendeskripsikan kinerja guru dilihat dari program sertifikasi dan keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian study kasus. Study kasus merupakan penelitian yang mendalam tentang individu satu program kegiatan dan sebagainya dalam waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan di SMA Unggulan Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan juni 2012. Subyek penelitian ini adalah guru ekonomi yang belum dan sudah sertifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kinerja guru antara guru yang sertifikasi dan belum sertifikasi yaitu guru yang sudah sertifikasi dan belum sertifikasi kinerjanya berbeda. Kinerja guru yang sudah sertifikasi sangat baik dan mampu menumbuhkan keaktifan dan motivasi siswa untuk belajar. Sedangkan kinerja guru yang belum sertifikasi masih kurang cukup baik guru tidak bisa menggali kreatifitas siswa dalam belajar. Dari hasil observasi keterampilan dasar mengajar untuk guru yang sudah sertifikasi keterampilan dasar mengajarnya sudah baik semua aspek-aspeknya sudah banyak dikuasai dan untuk guru yang belum sertifikasi keterampilan dasar mengajarnya masih belum banyak yang dkuasai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Analisis kinerja guru pada mata pelajaran ekonomi dapat dilihat dari proses pembelajaran di dalam kelas. Kinerja guru adalah kemampuan dan usaha guru untuk melaksanakan tugas pembelajaran sebaik-baiknya dalam perencanaan program pengajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Saran dari penelitian ini ditujukan untuk guru ekonomi dan bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39146

Actions (login required)

View Item View Item