Penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA Muallimat Malang semester genap tahun ajaran 2012/2012 / Soleh Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA Muallimat Malang semester genap tahun ajaran 2012/2012 / Soleh Arifin

Arifin, Soleh (2012) Penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA Muallimat Malang semester genap tahun ajaran 2012/2012 / Soleh Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci mind mapping cooperative script Hasil Belajar Penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script merupakan pembelajaran yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok serta membangun pengetahuan dan kemampuan berpikirnya yang diaplikasikan dalam bentuk catatan ringkas berupa mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X MA Mu allimat Malang. Penelitian ini dilaksanakan di MA Mu allimat Malang pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus . Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan meliputi tahap mereduksi data menyajikan data dan verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian dalam penerapan pembelajaran adalah dalam materi konsumsi tabungan dan investasi mengalami peningkatan skor hasil klasikal belajar dari 60% dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 87% dengan kategori sangat baik. Rata-rata nilai kelas juga mengalami peningkatan dari 59 27 pada saat pra siklus menjadi 74 60 pada siklus I dan meningkat menjadi 87 05 pada siklus II. Selain itu penerapan pembelajaran perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script juga meningkatkan aktivitas siswa dikelas. Skor aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi yang berisi indikator-indikator yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Pada siklus I skor yang dicapai adalah 74 25% dengan kategori baik meningkat menjadi 89 4% dengan kategori sangat baik. Tidak hanya aktivitas siswa yang meningkat aktivitas guru juga meningkat dalam pembelajaran. Pada siklus I skor aktivitas guru sebesar 87 8% meningkat menjadi 91 7% dengan nilai A. Penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script ini sangat cocok untuk diterapkan pada materi dengan karakteristik tertentu yaitu materi-materi yang rumit (berhubungan dengan rumus-rumus) seperti pada materi konsumsi tabungan dan investasi ini yang memerlukan penjelasan lebih dan banyak latihan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya secara umum dapat disimpulkan bahwa 1. Keterlaksanaan penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran ekonomi di kelas X MA Mu alliamat Malang telah terlaksana 72 7% untuk aktivitas siswa dan 87 5 untuk aktivitas guru dalam proses pembelajaran pada siklus I dan telah terlaksana 89 4% untuk aktivitas siswa dan 91 7% untuk aktivitas guru atau peneliti dalam proses pembelajaran pada siklus II. 2. Peningkatan hasil belajar siswa kelas X MA Mu allimat Malang terjadi akibat adanya penerapan perpaduan metode mind mapping dengan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran ekonomi. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 87%. Pada siklus I hasil belajar siswa yang diperoleh dari skor rata-rata postest sebesar 74 60. Kemudian diadakan perbaikan pada siklus II sehingga diperoleh rata-rata nilai postest sebesar 85 07.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39145

Actions (login required)

View Item View Item