Indrawanto, Amin (2012) Studi komparatif penerapan metode Student Teams Achiement Divisions (STAD) dan metode Group Investigation (GI) dalam perolehan hasil belajar pada ranah kognitif untuk mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMAN 3 Sidoarjo / Amin Indrawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Hasil Belajar Ranah Kognitif Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Metode Group Investigation (GI) Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam berhasil tidaknya pembelajaran di kelas. Salah satu pembaruan dalam strategi pem-belajaran adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang didasarkan pada paham konstruktivistik salah satunya adalah strategi pembelajaran kooperatif. Dari berbagai macam metode pembelajaran kooperatif yang ada STAD merupakan metode yang paling sederhana dan mudah dilakukan dan GI merupakan metode yang paling kompleks dan paling sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perolehan hasil belajar pada ranah kognitif siswa antara sebelum dan sesudah penerapan metode STAD dan metode GI dan untuk mengetahui perbandingan perolehan hasil belajar pada ranah kognitif siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode STAD dan kelas yang diajar dengan menggunakan metode GI pada materi Bank dan Kebijakan Moneter. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang membagi subyek menjadi 2 kelompok masing-masing diberikan materi pelajaran Ekonomi yang sama tetapi dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Populasi yang dipilih adalah siswa kelas X SMAN 3 Sidoarjo yang berjumlah 274 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling dengan komposisi kelas X-1 dan Kelas X-3 untuk menjadi subyek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan berupa pre-test dan post-test yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan. Pertama kelas yang diberi perlakuan berupa metode STAD didapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 17 57 dan nilai rata-rata post-test yang naik menjadi 35 07. Kedua kelas yang diberi perlakuan berupa metode GI didapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 17 43 dan nilai rata-rata post-test yang naik menjadi 66 93. Dan ketiga siswa yang diajar dengan menggunakan metode GI memiliki perolehan hasil belajar pada ranah kognitif yang lebih baik dalam mata pelajaran Ekonomi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan metode STAD. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan hasil post-test dari masing-masing kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Nov 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39142 |
Actions (login required)
View Item |