Hanani, Elfa Septi (2012) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan penerapan metode diskusi dibandingkan dengan metode ceramah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang (Studi kasus teknik mengajar Gallery Walk) / Elfa Septi Hanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Diskusi Ceramah Gallery walk dan Hasil Belajar Siswa Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan. Oleh karena itu perubahan dan pengembangan pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah adalah dengan diterapkannya pembelajaran yang kooperatif yang salah satunya adalah Gallery Walk. Gallery walk merupakan teknik mengajar didalam metode diskusi yang menyarankan agar proses pembelajaran dapat melibatkan siswa dalam kegiatan belajar yang aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran Gallery Walk dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi jika dibandingkan dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy experimental design) dan rancangan deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI-IPS D1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPS D2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan teknik diskusi gallery walk dan kelas kontrol diajar menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran gallery walk mengalami peningkatan dengan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 80%. Kedua hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah mengalami peningkatan dengan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 68 5%. Ketiga terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran gallery walk dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah pada materi pokok Perekonomian terbuka. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi 11 5 % dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode diskusi dengan teknik gallery walk lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi dibandingkan dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39140 |
Actions (login required)
View Item |