Penerapan pembelajaran konstruktivistik teknik scaffolding pada mata pelajaran IPS (ekonomi) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII-I SMPN 8 Malang / Maya Lia Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran konstruktivistik teknik scaffolding pada mata pelajaran IPS (ekonomi) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII-I SMPN 8 Malang / Maya Lia Puspita

Puspita, Maya Lia (2012) Penerapan pembelajaran konstruktivistik teknik scaffolding pada mata pelajaran IPS (ekonomi) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII-I SMPN 8 Malang / Maya Lia Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Konstruktivistik Scaffolding Hasil Belajar Pendekatan konstruktivistik adalah sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan bahwa siswa sudah memiliki pengetahuan awal yang kemudian pengetahuan ini akan digunakan siswa sebagai bekal dalam mengkonstruk suatu pengetahuan baru. Pembelajaran teknik scaffolding adalah teknik mengajar guru dengan memberikan bantuan kepada siswa pada awal pembelajaran kemudian mengurangi bantuan hingga akhirnya bantuan tersebut dihilangkan sama sekali ketika siswa sudah mampu mengerjakan permasalahan secara mandiri. Hal ini mendorong siswa untuk membangun pengetahuan dan kemampuan berpikirnya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran konstruktivistik teknik scaffolding dalam proses pembelajaran dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa Kelas VIII - I SMPN 8 Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 8 Malang pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus . Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan meliputi tahap mereduksi data menyajikan data dan verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian dalam penerapan pembelajaran scaffolding adalah Penerapan pembelajaran scaffolding dalam materi Fungsi Pajak dalam Perekonomian Nasional pada Siklus I dan Permintaan Penawaran dan Terbentuknya Harga Pasar pada Siklus II mengalami peningkatan skor Hasil klasikal belajar dari 80% dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 93% dengan kategori sangat baik. Rata-rata nilai Kelas juga mengalami peningkatan dari 82 pada siklus I dan meningkat menjadi 90 pada siklus II. Pembelajaran scaffolding ini sangat cocok untuk diterapkan pada materi dengan karakteristik tertentu yaitu materi-materi yang rumit (berhubungan dengan rumus-rumus) seperti pada materi Pajak dalam Perekonomian Nasional dan Permintaan Penawaran dan Terbentuknya Harga Pasar ini yang memerlukan penjelasan lebih dan banyak latihan Soal. Sehingga disarankan teknik scaffolding ini diterapkan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu peneliti selanjutnya bisa melakukan penelitian tidak hanya pada aspek kognitif tapi pada aspek lain yaitu psikomotor maupun afektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39138

Actions (login required)

View Item View Item