Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) yang dikolaborasikan dengan talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-A SMAN 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi / Ayu Tri Anggarwati

Anggarwati, Ayu Tri (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) yang dikolaborasikan dengan talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-A SMAN 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi / Ayu Tri Anggarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Think Pair Share, Talking Stick, aktivitas belajar dan hasil belajar Sebagaimana tujuan pemerintah dalam UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, maka sekolah sebagai lembaga yang dapat mewujudkan tujuan pemerintah tersebut. Namun urutan pendidikan Indonesia masih berada dibawah dibandingkan dengan negara-negara didunia. Menurut IPM Indonesia berada diurutan 124 dari 187 negara. Rendahnya pendidikan di Indonesia dikarenakan banyak faktor. Faktor pendidik dan peserta didik adalah faktor yang paling erat kaitannya dalam proses pencapaian tujuan pemerintah tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X-A SMAN 1 Turen diketahui bahwa aktivitas belajar siswa masih banyak yang kurang terfokus pada pembelajaran dan hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah SKM, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan kolaborasi model Think Pair Share dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa kelas X-A pada mata pelajaran Ekonomi SMAN 1 Turen, (2) hasil belajar siswa kelas X-A SMAN 1 Turen pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas X-A SMAN 1 Turen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obsevasi, catatan lapangan, panduan wawancara, dan soal tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa meliputi 7 aspek yaitu visual activity, lisan activity, listening activity, writing activity,motorik activity, mental activity, dan emotional activity. Persentase visual activity pada siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 79% pada siklus II. Variabel aktivitas lisan juga meningkat dari siklus I sebesar 46% menjadi 60% pada siklus II. Kenaikan yang serupa terlihat juga pada variabel listening activity dari 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Writing activity juga mengalami peningkatan dari 41% dari siklus I menjadi 91% pada siklus II. Pada variabel aktivitas motorik juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 41% menjadi 79% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi dari variabel aktivitas mental dari 43% dari siklus I menjadi 68% pada siklus II. Dan peningkatan yang terakhir juga terjadi pada ii variabel emotional activity yaitu sebesar 41% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I sebanyak 28 siswa yang tuntas menjadi meningkat pada siklus II menjadi 38 siswa dari 39 siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu: (1) Penerapan kolaborasi model Think Pair Share dan Talking Stick bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. (2). Dengan penerapan pembelajaran ini diharapkan guru lebih bisa bervariasi lagi dalam menerapkan model pembelajaran. (3) Dengan adanya penelitian ini diharapkan lebih dikembangkan lagi penelitian yang serupa demi peningkatan mutu pendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39136

Actions (login required)

View Item View Item