Pengaruh differentiation learning, self-management, dan emotional intelligent terhadap career adaptability pada matapelajaran K3LH dan budaya kerja industri di siswa konsentrasi teknik pemesinan SMK Negeri Kota dan Kabupaten Malang / Fadliyanti Firdausia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh differentiation learning, self-management, dan emotional intelligent terhadap career adaptability pada matapelajaran K3LH dan budaya kerja industri di siswa konsentrasi teknik pemesinan SMK Negeri Kota dan Kabupaten Malang / Fadliyanti Firdausia</p>

Firdausia, Fadliyanti (2025) Pengaruh differentiation learning, self-management, dan emotional intelligent terhadap career adaptability pada matapelajaran K3LH dan budaya kerja industri di siswa konsentrasi teknik pemesinan SMK Negeri Kota dan Kabupaten Malang / Fadliyanti Firdausia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan industri yang semakin pesat di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 tidak hanya menuntut tenaga kerja dengan kompetensi teknis (hard skills) yang tinggi tetapi juga dengan soft skills yang mumpuni. Industri modern saat ini mengutamakan tenaga kerja yang tidak hanya mahir dalam aspek teknis tetapi juga memiliki kemampuan dalam berkomunikasi berpikir kritis bekerja dalam tim beradaptasi terhadap perubahan serta mengelola emosi dan waktu dengan baik. Persaingan global pada dunia kerja memberikan tekanan untuk tiapindividu dalam mempertahankan kefeksibelan dan adaptasi akan perkembangan industri. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tujuan bekerja tentunya perlu diciptakannya rasa kepekaan lingkungan dan bagaimana beradapatasi dalam tiap perubahan dan kondidi tidak menentu dalam dunia kerja nantinya. Dalam upaya pengembangkan keterampilan tersebut pembelajaran di SMK sebagai merupakan salah satu pendidikan kejuruan perlu menerapkan strategi yang mampu menyesuaikan proses belajar dengan karakteristik kebutuhan dan kesiapan siswa dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Tidak hanya pembelajaran dalam kelas pentingnya self-management juga terdapat pada pengambilan keputusan karir. Dengan keterampilan ini siswa diharapkan dapat mengevaluasi pilihan mereka secara lebih realistis dan mengidentifikasi karir yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Kecerdasan emosional yang berkembang dengan baik cenderung menunjukkan ketahanan yang lebih besar dalam lingkungan yang penuh tekanan secara garis besar bahwa pengelolaan emosi siswa akan berdampak pada kakir mereka kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pembelajaran berdiferensiasi (differentiation leraning) manajemen diri (self-management) Kecerdasan emosional (emotional intelligence) terhadap adaptasi karir (career adaptability) siswa SMK. Secara sepsifik untuk engetahui sejauh mana pendekatan differentiation learning self-management dan emotional intelligence mempengaruhi career adaptability siswa baik secara individual maupun bersamaan. Pada Penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expostfacto dimana data dikumpulkan tanpa adanya manipulasivariabel. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan di beberapa SMK N di kota dan kabupaten Malang. Teknik proportional random sampling digunakan untuk menentukan sampel yang representatif dengan total 128 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan menggunakan angket berbasis Google Form yang mencakup empat variabel utama yaitu differentiation learning self-management emotional intelligence dan career adaptability. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial termasuk uji normalitas uji multikolinearitas uji heteroskedastisitas serta regresi linear dan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMK Negeri di Kota dan Kabupaten Malang pada jurusan Teknik Pemesinan career adaptability siswa dipengaruhi secara signifikan oleh differentiation learning self-management emotional intelligence. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independen berkontribusi secara bersamaan pada variabel career adaptability nilai signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05 dan nilai F hitung sebesar 875 284 lebih besar daripada F tabel 3 704. Menurut nilai Adjusted R Square sebesar 0 954 ketiga variabel tersebut dapat bertanggung jawab atas 95 4% dari variasi adaptasi karir sementara 4 6% terakhir disebabkan oleh variabel lain yang tidak terkait dengan model penelitian. Terdapat beberapa rekomendasi penting berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian. Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi harus lebih sering digunakan oleh guru dan sekolah. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan unik siswa dan mendukung pengembangan soft skills seperti manajemen diri dan kecerdasan emosional melalui kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler. Siswa diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk dunia kerja yang dinamis dengan mengambil pelatihan praktik industri dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Peneliti selanjutnya harus memperluas penelitian mereka untuk mencakup program studi teknik lainnya. Mereka harus mempelajari lebih banyak variabel yang dapat memengaruhi adaptasi karir dan mengembangkan model intervensi yang terintegrasi berbasis differentiation learning self-management dan emotional intelligence.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391346

Actions (login required)

View Item View Item