Widiyawati, Irva (2025) Analisis konsep pembelajaran untuk menyiapkan kompetensi lulusan pada lembaga kursus dan pelatihan di Fashion Institution Malang. / Irva Widiyawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lembaga Kursus dan Pelatihan di bidang fashion seperti Fashion Institution Malang (FIM) terbukti efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan tren terkini. Keunggulan tersebut menunjukkan potensi yang unik untuk diteliti lebih lanjut mengenai konsep pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep pembelajaran untuk menyiapkan pengetahuan dan keterampilan lulusan di FIM melalui empat aspek utama fashion knowledge design pattern making dan sewing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara obeservasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi empat tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa konsep pembelajaran di FIM menggunakan model Project-Based Learning yang menyeimbangkan pengem-bangan hard skills dan soft skills siswa dengan pendekatan berbasis teori dan praktik. Pembelajaran tersebut dikelompokan menjadi empat aspek yaitu fashion knowledge design pattern making dan sewing. Aspek fashion knowledge yaitu fashion history color theory trend fashion textile knowledge untuk program Fashion Design (FD) sedangkan program Pattern Making and Sewing (PMS) lebih berfokus kepada materi yang meliputi jenis kain lining dan interlining dan pengetahuan fabric. Aspek design pada program FD mencakup hard skills dalam membuat fashion figure mampu mendesain sesuai prinsip dan elemen desain teknik pewarnaan memvisualisasikan ide secara manual dan digital dan technical drawing. Pada program PMS hard skills mencakup pembuatan technical drawing menerjemahan desain menjadi pola dan memvisualisasikan desain dengan menyesuaikan jenis kain. Hard skills pada aspek pattern making mencakup pembuatan pola dasar pembuatan pecah pola dan menerjemahkan desain kedalam pola. Aspek sewing meliputi keterampilan teknis dalam menjahit yang benar dan rapi finishing yang tepat dan menerjemahkan potongan kain sesuai desain. Selanjutnya soft skills yang mencakup tiga aspek diatas yaitu kreatifitas komunikasi problem solving kerja sama tim dan manajemen waktu. Pada bidang pattern dan sewing juga mementingkan ketelitian. Sementara itu penilaian hasil pembelajaran dilakukan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan untuk setiap proyek di masing-masing bidang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |