Hardiyanita, Nian (2012) Analisis faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Nian Hardiyanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kesulitan Belajar Ekonomi Ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran wajib dberikan kepada siswa SMP Negeri 7 Malang kelas VII sampai kelas IX. Mata pelajaran ini diberikan dengan tujuan untuk membekali lulusannya dengan berbagai pemahaman. Namun tidak semua siswa mendapat nilai yang memuaskan setelah belajar ekonomi. Siswa yang mengalami kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi yaitu siswa yang nilainya kurang dati 7 5. Kesulitan belajar tersebut bisa berasal dari dalam diri siswa (faktor internal) dan juga dari luar diri siswa (faktor eksternal). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar siswa dalam belajar ekonomi dan untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi wawancara dokumentasi dan angket. Disini penulis sertakan tabel sebagai data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan prosentase. Hasil menunjukkan bahwa pertama adalah faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar ekonomi didominasi oleh persiapan dalam belajar minat belajar siswa kecakapan mengikuti pelajaran perhatian orang tua dirumah (berhubungan dengan cara orang tua mendidik) teman bergaul metode belajar pekerjaan rumah (PR) dan keadaan ekonomi keluarga. Dan yang kedua adalah upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dengan cara memberikan motivasi bagi siswanya dan memperkuat semangat dalam jiwanya menambah jam diluar jam pelajaran sekolah pemanfaatan sumber belajar seringnya guru memberikan PR meningkatkan motivasi belajar. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan oleh penulis maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |