Pengembangan media pembelajaran adaptif berbasis kompetensi pada mata pelajaran mesin listrik pembangkit program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK/ Luhur Adi Prasetya</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran adaptif berbasis kompetensi pada mata pelajaran mesin listrik pembangkit program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK/ Luhur Adi Prasetya</p>

Prasetya, Luhur Adi (2025) Pengembangan media pembelajaran adaptif berbasis kompetensi pada mata pelajaran mesin listrik pembangkit program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK/ Luhur Adi Prasetya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era industri 4.0 pembelajaran di SMK Teknik Pembangkit Tenaga Listrik masih menghadapi ketimpangan antara kebutuhan industri dan pendekatan konvensional. Media pembelajaran belum adaptif terhadap keragaman siswa dan praktik industri terkini. Penelitian ini mengembangkan media adaptif berbasis kompetensi yang relevan dengan dunia kerja nyata. Penelitian ini menerapkan pendekatan Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE melalui lima tahap analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Observasi kelas dan wawancara di dua SMK digunakan dalam tahap analisis. Media dikembangkan berbasis kompetensi micro learning serta teknologi Flutter dan Firebase. Validasi ahli menilai kualitas materi dan media sementara uji coba kelompok kecil dan besar mengukur kepraktisan dan efektivitas. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui pre-test post-test dan final test untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep teknis siswa. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran adaptif berbasis Android bernama PowerGen Edu. Media ini dilengkapi dengan fitur seperti modul interaktif simulasi SOP industri evaluasi bertingkat dashboard pelacak kemajuan dan portofolio digital. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang sangat tinggi dengan nilai 96 7% dari ahli materi dan 97 3% dari ahli media. Uji coba kelompok kecil dan besar menghasilkan skor kepraktisan di atas 3 6 (kategori ldquo Sangat Baik rdquo ) dan terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di SMK PGRI 3 Malang nilai pre-test meningkat dari 61 11 menjadi 87 22 pada final test sementara di SMK Brantas Karangkates dari 60 56 menjadi 86 11. Temuan ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan tidak hanya layak secara pedagogis dan teknologis tetapi juga efektif meningkatkan kompetensi teknis siswa. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran adaptif berbasis kompetensi berhasil menjawab tantangan utama pendidikan vokasi seperti heterogenitas gaya belajar keterbatasan sarana praktik dan minimnya integrasi dengan dunia industri. Fitur adaptif memungkinkan siswa belajar sesuai kecepatannya sementara simulasi dan evaluasi berbasis industri memperkuat pemahaman teknis secara konkret. Media ini juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa serta mendukung guru melalui bimbingan berbasis data. PowerGen Edu menjadi instrumen strategis dalam mendorong pembelajaran vokasi yang personal kontekstual dan mendukung Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391339

Actions (login required)

View Item View Item