Wulandari, Ela (2025) Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, konformitas teman sebaya, dan media sosial terhadap perilaku konsumsi remaja melalui gaya hidup / Ela Wulandari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wulandari Ela. 2025. Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Konformitas Teman Sebaya dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Remaja melalui Gaya Hidup. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Hadi Utomo M.S. (2) Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Pendidikan Ekonomi Keluarga Konformitas Teman Sebaya Media Sosial Gaya Hidup Perilaku Konsumsi Remaja Perilaku konsumsi adalah topik yang relevan untuk diteliti seiring dengan perkembangan berbagai aspek seperti sosial budaya serta teknologi. Khususnya perilaku konsumsi remaja memiliki karakteristik yang berbeda karena remaja mengalami perubahan kognitif dan emosional yang membuat mereka sangat rentan terhadap pengaruh sosial. Keluarga teman sebaya dan media massa adalah lingkungan sosial yang memiliki relevansi tinggi dengan kehidupan sehari-hari remaja. Berdasarkan Consumer Socialization Theory (Ward 1974) bahwasanya keluarga teman sebaya dan media massa adalah agen sosilisasi dimana anak-anak dan remaja belajar menjadi konsumen yang aktif melalui interaksi dengan lingkungan sosial tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh-pengaruh sosial seperti pendidikan ekonomi keluarga konformitas teman sebaya dan media sosial terhadap perilaku konsumsi remaja di Kota Semarang dengan gaya hidup sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Sctructural Equation Model berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Data dikumpulkan dari 400 remaja di Kota Semarang dengan kuesioner menggunakan Google Form. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan ekonomi keluarga konformitas teman sebaya dan media sosial memiliki peran yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi baik secara langsung maupun melalui mediasi gaya hidup. Pendidikan ekonomi keluarga merupakan variabel paling berpengaruh dalam membentuk perilaku konsumsi yang rasional sementara media sosial menjadi variabel dominan dalam membentuk pola gaya hidup. Temuan ini menyoroti peran ganda agen sosialisasi bahwa media sebagai pengaruh digital terhadap gaya hidup dan keluarga sebagai sumber utama nilai-nilai ekonomi dan keterampilan pengambilan keputusan. Penelitian ini mendukung Consumer Sozialization Theory yang menyatakan bahwa anak-anak dan remaja belajar menjadi konsumen melalui interaksi di lingkungan sosialnya. Dimana keluarga teman sebaya dan media sosial merupakan lingkungan sosial yang paling dekat remaja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar kebijakan pendidikan dan program pengembangan literasi keuangan dan literasi digital di kalangan remaja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |