Sholikhah, Annisa` Mar`atus (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi media sosial tiktok untuk meningkatkan kompetensi profesional pada pembelajaran ekonomi berdiferensiasi (studi pada guru ekonomi se-Kota Batu) / Annisa\' Mar\'atus Sholikhah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi media sosial TikTok dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional guru pada pembelajaran ekonomi berdiferensiasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi se-Kota Batu Provinsi Jawa Timur. Media yang dikembangkan berupa buku panduan dan konten video pembelajaran melalui TikTok yang dirancang sesuai dengan kebutuhan guru dan karakteristik pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg amp Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah utama mulai dari studi pendahuluan hingga penyusunan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan yaitu buku panduan dan video TikTok dinilai efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Efektivitas ini terlihat dari hasil validasi para ahli uji coba lapangan serta peningkatan skor penilaian guru dalam membuat konten pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran berbasis TikTok ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran ekonomi yang menarik relevan dan sesuai dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |