Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kolaborasi team games tournament dengan two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas 7 SMP Negeri 1 Batu / Yuliana Dwi Purwatika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kolaborasi team games tournament dengan two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas 7 SMP Negeri 1 Batu / Yuliana Dwi Purwatika

Purwatika, Yuliana Dwi (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kolaborasi team games tournament dengan two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas 7 SMP Negeri 1 Batu / Yuliana Dwi Purwatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Two Stay Two Stray hasil belajar Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia caranya adalah dengan menarik minat siswa untuk belajar. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya dengan cara mengembangkan model pembelajaran kooperatif karena dengan metode ini siswa bisa lebih aktif dan siswa bisa meningkatkan aktivitas serta tanggungjawab. Pembelajaran kooperatif memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pemahaman konsep melalui aktivitas sendiri dan interaksi terhadap temannya. Pembelajaran kooperatif adalah kolaborasi model pembelajaran Team Games Turnament dengan model Two stay Two Stray yaitu pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerjasama dengan kelompoknya sehingga dapat memecahkan masalah dengan bersama-sama. Sedangkan guru merupakan fasilitator di dalam pembelajaran. Pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata tentang peristiwa yang akan tampak selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada penelitian tindakan kelas ini kegiatan pembelajaran akan dimulai dari (a) perencanaan atau planning (b) pelaksanaan atau action (c) pengumpulan data atau observing (d) menganalisis data atau informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan atau kelemahan tindakan tersebut atau reflecting. Pada siklus I peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 15 orang dengan persentase sebesar 40 5% sedangkan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 22 orang dengan persentase sebesar 59 5% dan hasil rata-rata belajar sebesar 72 4 dengan nilai ketuntasan 75. Untuk siklus II diperoleh peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 24 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 64 8% sedangkan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 13 orang dengan persentase sebesar 35 2% dan hasil rata-rata belajar sebesar 76 8 dengan nilai ketuntasan 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39130

Actions (login required)

View Item View Item