Hubungan solidaritas siswa dan kebanggaan almamater dengan Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang / Risza Puspita Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan solidaritas siswa dan kebanggaan almamater dengan Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang / Risza Puspita Putri

Putri, Risza Puspita (2018) Hubungan solidaritas siswa dan kebanggaan almamater dengan Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang / Risza Puspita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Putri Risza Puspita. 2018. Hubungan Solidaritas Siswa dan Kebanggaan Almamater dengan Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd. M.Si (II) Dr. Bambang Setyadin M.Pd. Kata kunci esprit de corps solidaritas kebanggaan almamater. Aspek Solidaritas dan Kebanggaan Almamater diprediksi berpengaruh terhadap esprit de corps siswa. Penelitian ini bertujuan (1) menemukan hubungan secara simultan solidaritas siswa dan kebanggaan almamater dengan Sikap Esprit De Corps (2) mendeskripsikan hubungan solidaritas dengan Sikap Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang dan (3) mendeskripsikan hubungan kebanggaan almamater dengan sikap esprit de corps di SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan analisis korelasi berganda. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Lawang yang berpopulasi 1326 lalu dengan pengambilan sampel berjumlah 297 siswa. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling dan systematic random sampling yang dihitung berdasarkan siswa tiap kelasnya sebanyak kurang lebih 6 hingga 8 siswa perkelas yang kemudian mengambil siswa yang bernomor presensi dari 4 hingga kelipatannya sampai terambil 8 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi ganda untuk menguji hubungan antara solidaritas dan kebanggaan almamater dengan Esprit De Corps. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian peserta didik yang ada di SMA Negeri 1 Lawang menunjukkan bahwa secara umum berada dalam kategori tinggi. Kemudian hasil penelitian tentang kebanggaan almamater menurut penilaian peserta didik yang ada di SMA Negeri 1 Lawang menunjukkan bahwa secara umum berada dalam kategori tinggi. Selanjutnya tentang sikap Esprit De Corps yang dimiliki peserta didik di SMA Negeri 1 Lawang juga relatif tinggi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara solidaritas dan kebanggaan almamater dengan esprit de corps di SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini memiliki implikasi sebagai berikut (1) Berdasarkan hasil penelitian meskipun secara simultan terdapat hubungan solidaritas dan Kebanggaan Almamater dengan sikap Esprit De Corps di SMA Negeri 1 Lawang dan secara umum berada dalam kategori tinggi . Hal ini berimplikasi pada perlunya pengadaan aktivitas pertemuan kekeluargaan diberikan tantangan baru bagi siswa sehingga meningkatkan ikatan solidaritas dan kebanggaan almamater perlunya peningkatan anggaran pencitraan yang baik agar peserta didik semakin berperan aktif dalam kegiatan yang diadakan di dalam maupun di luar sekolah dan kegiatan organisasi sehingga sikap jiwa korsa peserta didik semakin kuat dan berkembang. Selain itu perlu dukungan untuk mendukung berbagai kegiatan yang akan diikuti peserta didiknya sehingga dapat menunjang aktivitas peserta didik tersebut dan juga perlunya partisipasi seluruh guru hingga partisipasi orang tua murid (2) Hubungan antara perilaku solidaritas siswa dan vi sikap Esprit De Corps secara umum berada dalam kategori tinggi . Hal ini akan berimplikasi pada perlunya pemberian pemahaman dan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti bakti sosial dan lain sebagainya yang dapat membantu orang lain yang kurang mampu sehingga dengan demikian dapat menumbuhkan rasa empati dan timbulnya rasa kepedulian peserta didik agar lebih peka terhadap lingkungan. Perlunya partisipasi guru dan orang tua murid untuk mendukung kegiatan siswa (3) Hubungan antara perilaku solidaritas siswa dan sikap Esprit De Corps secara umum berada dalam kategori tinggi . Hal ini akan berimplikasi pada perlunya membuat dan mengembangkan berbagai jenis kegiatan sekolah dengan cara berinovasi untuk membuat dan mengkreasikan ragam kegiatan sekolah agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan sehingga siswa dapat berkreatifitas dan menyenangi sekolahnya. Saran dalam penelitian ini diberikan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Malang sebagai membuat kebijakan-kebijakan hendaknya membuat dan mengembangkan kebijakan tentng berbagai jenis kegiatan sekolah dengan cara berinovasi untuk membuat dan mengkreasikan ragam kegiatan sekolah agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan sehingga siswa dapat berkreatifitas dan menyenangi sekolahnya (2) Kepala sekolah sebagai pemimpin perlu mendukung sekolah berupa motivasi maupun fasilitas untuk mendukung berbagai kegiatan yang akan diikuti peserta didiknya sehingga dapat menunjang aktivitas peserta didik tersebut. Kepala sekolah juga dapat meningkatan anggaran berikan inovasi baru atau tantangan baru kepada peserta didik (3) Guru hendaknya ikut berpartisipasi dengan kegiatan siswanya selain itu guru dapat membuat tantangan baru untuk siswa dan memberikan dukungan berupa motivasi sehingga sikap jiwa korsa peserta didik semakin kuat dan berkembang (4) Pembina OSIS dapat memberi pencitraan yang baik agar peserta didik semakin berperan aktif dalam kegiatan yang diadakan di dalam maupun di luar sekolah dan kegiatan organisasi sehingga sikap jiwa korsa peserta didik semakin kuat dan berkembang dan (5) Bagi Mahasiswa Administrasi Pendidikan sebaiknya memberikan pengembangan ilmu dengan menguji penelitian baru dan pengembangan baru pada kegiatan-kegiatan sekolah agar dapat menumbuhkan dan meningkatkan perilaku solidaritas siswa dan kebanggaan almamater dengan Esprit De Corps siswa disekolah dan (6) Bagi Akademisi khususnya dalam bidang Administrasi/Manajemen Pendidikan hendaknya dapat menambah wawasan baru membuat pedoman tentang pendidikan karakter serta dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan perilaku solidaritas dan kebanggaan almamater dengan Esprit De Corps.bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan perilaku solidaritas dan kebanggaan almamater dengan Esprit De Corps.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3913

Actions (login required)

View Item View Item