Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dengan teknik assessment portofolio untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (ekonomi) siswa kelas VII SMPN 18 Malang / Sita Prihatini

Prihatini, Sita (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dengan teknik assessment portofolio untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (ekonomi) siswa kelas VII SMPN 18 Malang / Sita Prihatini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Group Investigation, Assessment Portfolio, hasil belajar dan aktivitas belajar Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perubahan semua sistem, termasuk pembaharuan pendidikan. Pembaharuan pendidikan meliputi 3 komponen yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas metode pembelajaran. Pembaharuan kurikulum diimplementasikan dengan penerapan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang lebih menitik beratkan pada peran aktif siswa dalam proses pembelajaran serta pembelajaran kontekstual. Penerapan strategi atau metode pembelajaran yang sesuai juga dilakukan guna mendapat kualitas hasil pendidikan yang optimal. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas 7.C SMPN 18 Malang diketahui bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar sangat kurang, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model group investigation dengan teknik assessment portfolio. Model group investigation merupakan salah satu model dari pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini teknik evaluasi hasil belajar menggunakan teknik tes tertulis dan teknik assessment portfolio. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa kelas 7.C pada mata pelajaran IPS Terpadu SMPN 18 Malang, (2) hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas 7.C SMPN 18 Malang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas 7.C SMPN 18 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obsevasi, lembar penilaian portofolio, catatan lapangan, panduan wawancara, dan soal tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa meliputi 6 aspek yaitu visual activity, oral activity, listening activity, writing activity, mental activity, dan emotional activity. Aktivitas belajar yang meliputi 6 aspek mengalami peningkatan dari 56% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif yang dinilai menggunakan teknis tes tertulis dan teknik assessment portfolio terjadi peningkatan. Ketuntasan belajar klasikal siswa ii meningkat dari 57,5% pada siklus I dengan rata-rata nilai 62 menjadi 95% pada siklus II dengan rata-rata nilai 82. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu: (1) Pembelajaran kooperatif model group investigation dengan menggunkan teknik assessment portfolio akan lebih mudah diterapkan apabila guru mempersiapkan lembaran panduan yang lebih detail kepada tiap siswa. (2) Penyediakan alokasi yang cukup agar tidak mengurangi tahap-tahap yang harus diterapkan guna memperoleh hasil yang optimal. (3) penerapan model ini hendaknya menyesuaikan dengan materi pembelajaran yang sesuai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39129

Actions (login required)

View Item View Item