Pengaruh motivasi dan kualitas layanan terhadap partisipasi siswa pada koprasi sekolah di SMA Negeri 6 Malang / Dody Nico Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan kualitas layanan terhadap partisipasi siswa pada koprasi sekolah di SMA Negeri 6 Malang / Dody Nico Setiawan

Setiawan, Dody Nico (2012) Pengaruh motivasi dan kualitas layanan terhadap partisipasi siswa pada koprasi sekolah di SMA Negeri 6 Malang / Dody Nico Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci motivasi kualitas layanan partisipasi siswa Eksistensi koperasi sekolah adalah sebagai wujud dari upaya untuk menanamkan jiwa dan semangat koperasi yang dilakukan melalui jalur pendidikan formal. Siswa memegang peranan penting dalam perkembangan koperasi sekolah. Maka dari itu perlu ditanamkan kesadaran siswa untuk berpartisipasi aktif dalam koperasi sekolah sejak dini. Pada dasarnya motivasi berkoperasi sangat diperlukan pada diri tiap-tiap anggota akan lebih baik jika motif berkoperasi juga didasari keinginan untuk mencapai tujuan bersama disamping mewujudkan keinginan pribadi. Beragamnya motivasi berkoperasi tersebut pada akhirnya menentukan partisipasi siswa di koperasi sekolah tersebut. Selain motivasi partisipasi siswa juga berhubungan erat dengan kualitas layanan yang diberikan kepada anggota. Pemberian layanan yang optimal kepada anggota akan merangsang partisipasi dari anggota koperasi tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara motivasi dan kualitas layanan terhadap partisipasi siswa ada koperasi sekolah baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitan ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Malang pada bulan Februari sampai dengan April tahun 2012. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang ada di SMA Negeri 6 Kota Malang sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 109 siswa dari seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Malang sebanyak 149 siswa teknik yang digunakan yaitu propotional random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Data dianalisis dengan teknik statistik non- parametrik Uji Chi-Square dan Contingency Coefficient dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa signifikasi variabel X1 kurang dari nilai 945 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara motivasi terhadap partisipasi siswa pada koperasi sekolah di SMA Negeri 6 Malang. Hal ini bermakna bahwa motivasi yang dimiliki siswa dalam berkoperasi melatarbelakangi partisipasi siswa pada koperasi sekolah. Pada variabel X2 memiliki nilai signifikasi kurang dari nilai 945 sehinga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap partisipasi siswa pada koperasi sekolah di SMA Negeri 6 Malang. Hal ini bermakna bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh koperasi sekolah akan menciptakan persepsi siswa iv terhadap layanan yang diberikan koperasi sekolah yang nantinya persepsi tersebut melatarbelakangi partisipasi sisiwa pada koperasi sekolah. Dari hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah (1) Diharapkan siswa memiliki motivasi untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan koperasi sekolah serta memiliki kesadaran berkoperasi. (2) Diharapkan koperasi sekolah untuk tetap memperhatikan dan memberikan kualitas layanan yang baik kepada para anggota koperasi sehingga dapat menarik minat siswa untuk berpartisipasi pada koperasi sekolah khususnya partisipasi dalam bidang usaha contohnya kegiatan bertransaksi di koperasi sekolah. Selain itu koperasi sekolah diharapkan dapat membina siswa agar dapat berpartisipasi pada koperasi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39127

Actions (login required)

View Item View Item