Pengaruh modernitas individu, melek ekonomi (Economic Literacy), dan keadaan sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Lintang Manero - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu, melek ekonomi (Economic Literacy), dan keadaan sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Lintang Manero

Manero, Lintang (2012) Pengaruh modernitas individu, melek ekonomi (Economic Literacy), dan keadaan sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Lintang Manero. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modernitas individu melek ekonomi keadaan sosial ekonomi orang tua dan perilaku konsumtif. Maraknya bisnis-bisnis waralaba dan bisnis cepat saji pada zaman sekarang menuntun para masyarakat merubah pola pikir mereka menjadi semua serba cepat dan instan. Hal ini bermuara pada perilaku konsumtif yang berlebihan perilaku yang sudah tidak realisitis bahkan melupakan nilai kegunaan dari apa yang dikonsumsi. Hal ini perlu diimbangi oleh kesiapan masyarakat seperti halnya kamampufahaman pada ilmu-ilmu ekonomi walaupun semua kembali pada ke modernitasan tiap-tiap individu. Selain hal di atas ada keadaan yang berpengaruh pada sikap konsumtif anak yaitu keadaan sosial ekonomi orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adakah pengaruh modernitas individu melek ekonomi dan keadaan sosial ekonomi orang tua secara parsial terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP 8 Malang (2) Adakah pengaruh modernitas individu melek ekonomi dan keadaan sosial ekonomi orang tua secara simultan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP 8 Malang Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Random Sampling yaitu menentukan sampel secara acak dan dengan jumlah proporsi yang tepat dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 orang konsumen dengan menggunakan rumus Slovin. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows seri 17.0. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan modernitas individu terhadap perilaku konsumtif maka hipotesis Ho ditolak. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan melek ekonomi terhadap perilaku konsumtif maka hipotesis Ho tidak ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan keadaan sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif maka hipotesis Ho ditolak. (4) Ada pengaruh secara simultan antara modernitas individu melek ekonomi dan keadaan sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif maka hipotesis Ho ditolak. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Secara parsial variabel modernitas individu melek ekonomi dan keadaan sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Pada variabel modernitas individu berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Pada variabel melek ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku ii konsumtif dan pada variabel keadaan sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. (2) Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara modernitas individu melek ekonomi dan keadaan sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada SMP Negeri 8 Malang (1) Bagi pengembangan ilmu pengetahuan hasil penelitian ini bisa menjadi bahan referensi untuk mengembangkan penelitian yang sejenis dan untuk rujukan mencari faktor-faktor lain yang berhubungan dengan perilaku konsumtif dari segi ekonomi. (2) Bagi pihak sekolah hendaknya lebih mengintensifkan pendidikan ekonomi karena ilmu ekonomi juga sama pentingnya dengan kemampuan membaca menulis dan berhitung. Guru hendaknya terus memberikan pelajaran serta menerapkan pemahaman ekonomi dalam diri siswa bukan hanya secara teori tetapi juga dalam praktek kehidupan sehari-hari para siswa. Serta untuk lebih memotivasi siswanya dalam belajar ekonomi dan membuat siswa menyukai pelajaran ekonomi sehingga dapat rasional dalam berkonsumsi. (3) Bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian sejenis disarankan menggunakan wilayah populasi dan sampel yang lebih luas misalnya dengan mengadakan penelitian di beberapa sekolah agar ruang lingkup hasil penelitian lebih menyeluruh. Untuk mengukur faktor-faktor yang lain yang berhubungan dengan perilaku konsumtif karena masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi perilaku konsumtif. Serta tidak hanya menggunakan kuisioner saja dalam pengambilan teknik akan lebih baik bila teknik pengumpulan data dikombinasikan dengan teknik wawancara atau observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39126

Actions (login required)

View Item View Item