Milenia, Nimas Aurahusna (2025) Pengaruh motivasi berwirausaha dan kreativitas terhadap minat berwirausaha melalui self-eficacy pada siswa SMK Negeri 6 Malang / Nimas Aurahusna Milenia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Milenia Nimas. 2025. Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Entrepreneurial Self-Efficacy Pada Siswa SMK Negeri 6 Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si (2) DR. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci Motivasi Berwirausaha Kreativitas Minat Berwirausaha Entrepreneurial Self-Efficacy Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi berwirausaha dan kreativitas terhadap minat berwirausaha dengan memperhatikan peran self-efficacy sebagai variabel mediasi. Pada penelitian (Suyati amp Rozikin 2021) menyatakan bahwa Faktor kebutuhan individu saja tidak cukup untuk meningkatkan motivasi berwirausaha para pendidik atau masyarakat sekolah harus mendukungnya agar terjadi peningkatan. Guru atau tenaga pendidik sendiri harus menggunakan kegiatan pembelajaran untuk menumbuhkan efikasi diri. Sangat penting bagi guru dan administrator sekolah untuk mendukung motivasi kreativitas minat dan efektivitas diri pada siswa. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu untuk menguji hipotesis antar variable yang di hipotesiskan. Lokasi penelitian ini di lakukan pada SMK Negeri 6 Malang alasan dipilihnya lokasi ini karena didapatkan data bahwa rata ndash rata siswa yang berwirausaha hanya 1-2 orang atau 2-3% di setiap kelas dimana rata ndash rata jumlah siswa setiap kelas adalah 30 orang. Hal ini menandakan bahwa siswa yang memiliki minat masih sangat rendah di SMK Negeri 6 Malang. Terdapat 4 variabel yang diteliti yaitu motivasi berwirausaha (X1) kreativitas (X2) minat berwirausaha (Y) dan Self-Eficacy (Z). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sampai XIII di SMK Negeri 6 Malang yang telah mendapatkan Pendidikan kewirausahaan sebanyak 1610 siswa. sampel penelitian ini di pilih dengan metode proportional Random Sampling sehingga di dapatkan 311 siswa sebagai sample penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer yang di dapat secara langsung melalui kuesioner yang di sebarkan pada siswa. sebagai instrument penelitian hasil jawaban kuesioner perlu di uji validitas dan uji reliabilitas untuk memastikan data yang di peroleh valid dan konsisten. Hasil pengujian di dapatkan bahwa instrument variabel berupa motivasi berwirausaha kreativitas minat berwirausaha dan self-eficacy telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas sehingga dapat di analisis lebih lanjut. Data kemudian di analisis dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif dan analisis jalur software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antar variabel atau 7 hipotesis memiliki pengaruh signifikan dan positif. Hal ini terjadi dengan alasan bahwa motivasi dan kreativitas berperan penting dalam mempengaruhi minat berwirausaha dan keduanya berinteraksi melalui self-eficacy (keyakinan seseorang terhadap kemampuannya) atau dengan kata efikasi diri memperkuat motivasi dan bersama kreativitas keduanya mendorong minat dan kesiapan seseorang untuk berwirausaha. Meningkatkan efikasi diri dan kreativitas dapat menjadi strategi efektif untuk menumbuhkan minat berwirausaha melalui peningkatan motivasi. Semakin tinggi efikasi diri seseorang semakin besar motivasi yang dimiliki untuk berwirausaha karena individu merasa mampu menghadapi tantangan dan risiko usaha. Di sisi lain motivasi yang kuat mendorong seseorang untuk memiliki keinginan dan kesiapan berwirausaha sehingga meningkatkan minat berwirausaha. Kreativitas sendiri membantu individu menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif yang meningkatkan kesiapan dan minat berwirausaha. Efikasi diri tidak selalu berpengaruh langsung pada minat berwirausaha namun sering kali berpengaruh melalui peningkatan motivasi. Dengan kata lain efikasi diri meningkatkan motivasi yang kemudian meningkatkan minat berwirausaha. Selain itu penelitian ini juga memiliki beberapa saran di antaranya adalah perlu adanya penerapan kreativitas yang tepat guna sehingga dapat menimbulkan minat berwirausaha yang maksimal bagi para siswa sehingga motivasi yang di berikan juga berdampak lebih positif SMK Negeri 6 Malang. Sekaligus peneliti selanjutnya di harapkan dapat melakukan pengujian yang berbeda terkait variabel mediasi selain self-eficacy Agar dapat memediasi pengaruh motivasi berwirausaha dan kreativitas terhadap minat berwirausaha. Melakukan pengujian yang berbeda seperti menggunakan analisis SEMpls antara variabel motivasi berwirausaha kreativitas minat berwirausaha dan self-eficacy dengan indikator lain serta data lainnya sekaligus bisa menggunakan hasil penelitian ini sebagai perbandingan maupun referensi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |