Pangesti, Sri Yuliani (2025) Pengaruh role model dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha dengan program magang sebagai variabel mediasi (study pada siswa jurusan BDP di Bojonegoro) / Sri Yuliani Pangesti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam era perubahan iklim global keberlanjutan telah menjadi isu sentral yang membutuhkan perhatian serius dari berbagai sektor. Bojonegoro sebagai bagian dari komunitas global turut berupaya menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan termasuk melalui peran institusi pendidikan seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Khususnya di jurusan Bisnis Daring Pemasaran (BDP) SMK memberikan peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang relevan seperti strategi pemasaran digital dan manajemen usaha. Namun fenomena menunjukkan bahwa niat berwirausaha siswa masih rendah dipengaruhi oleh keterbatasan pemahaman dukungan dan akses terhadap sumber daya kewirausahaan serta budaya masyarakat yang cenderung mengutamakan pekerjaan tetap. Hal ini memunculkan kebutuhan akan pendekatan strategis untuk meningkatkan niat berwirausaha yang tidak hanya berdampak pada siswa tetapi juga pada pertumbuhan ekonomi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab gap penelitian dengan mengeksplorasi hubungan antara program magang pendidikan kewirausahaan dan peran model teladan dalam membentuk niat berwirausaha siswa SMK di Bojonegoro. Berbeda dari penelitian sebelumnya studi ini menyoroti pentingnya pengalaman praktis dan pembelajaran berbasis realitas industri sebagai pendorong utama niat berwirausaha. Implikasi penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada literatur akademik tentang pendidikan kewirausahaan tetapi juga menyediakan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan untuk merancang program yang lebih efektif. Dengan demikian penelitian ini diharapkan mampu memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan keterampilan siswa dan mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis kewirausahaan yang berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan deskriptif eksplanatif melibatkan peserta didik SMK Negeri di Bojonegoro. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. . Populasi dalam subjek penelitian ini adalah pada siswa jurusan BDP SMK di Bojonegoro yang berjumlah 375. (1) siswa yang sudah menempuh matapelajaran kewirausahaan (2) siswa yang memilih jurusan bisnis daring dan pemasaran. Berdasarkan kreteria tersebut dan dihitung dari sample size calculator dengan margin of error 5% population propotion 50% maka diketahui jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 191 sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software statistik SmartPLS 3.3.3 Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan Variance Based SEM atau lebih dikenal dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Role Model (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha (Y). Semakin tinggi Role Model (X1) maka Niat Berwirausaha (Y) juga akan meningkat. (2) Pendidikan Kewirausahaan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha (Y). Semakin tinggi Pendidikan Kewirausahaan (X2) maka Niat Berwirausaha (Y) juga akan meningkat. (3) Role Model (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Program Magang (Z). Semakin tinggi Role Model (X1) maka Program Magang (Z) juga akan meningkat. (4) Pendidikan Kewirausahaan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Program Magang (Z). Semakin tinggi Pendidikan Kewirausahaan (X2) maka Program Magang (Z) juga akan meningkat. (5) Program Magang (Z) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha (Y). Semakin tinggi Program Magang (Z) maka Niat Berwirausaha (Y) juga akan meningkat. (6) Role Model (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha (Y) melalui Program Magang (Z). Semakin tinggi Role Model (X1) maka Niat Berwirausaha (Y) melalui Program Magang (Z) juga akan meningkat. (7) Pendidikan Kewirausahaan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Niat Berwirausaha (Y) melalui Program Magang (Z). Semakin tinggi Pendidikan Kewirausahaan (X2) maka Niat Berwirausaha (Y) melalui Program Magang (Z) juga akan meningkat. Berdasarkan uraian-uraian kesimpulan dan implikasi di atas maka dapat disampaikan saran-saran oleh peneliti sebagai berikut Guru sebagai role model perlu meningkatkan keaktifan dalam berorganisasi untuk memberi contoh pada siswa sehingga siswa dapat mengembangkan diri secara pribadi dan juga mempersiapkan diri untuk sukses dalam karir dan kehidupan profesional Siswa perlu meningkatkan usaha dari pengalaman sendiri/otodidak. Kombinasi pendidikan formal dan pengalaman otodidak dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam dan keterampilan yang lebih luas yang akan sangat berguna dalam berwirausaha. Sekolah perlu meningkatkan kemitraan yang kuat dengan perusahaan/organisasi tempat siswa melakukan magang. Kemitraan yang kuat antara sekolah dan perusahaan atau organisasi tempat siswa melakukan magang sangat penting untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang relevan dengan kebutuhan industri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/391250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |