Pengaruh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler koperasi sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi dan minat Entrepreneur siswa di SMA Negeri 6 Malang / Anita Dewi Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler koperasi sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi dan minat Entrepreneur siswa di SMA Negeri 6 Malang / Anita Dewi Purwati

Purwati, Anita Dewi (2012) Pengaruh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler koperasi sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi dan minat Entrepreneur siswa di SMA Negeri 6 Malang / Anita Dewi Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwati Dewi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Pada Matapelajaran Jaringan Dasar Program Keahlian TKJ SMK. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Mobile Learning Jaringan Dasar Pembelajaran kovensional sering mengakibatkan siswa menjadi bosan. Berdasarkan hasil observasi bahwa penyampaian materi matapelajaran Jaringan Dasar yang dilakukan masih menggunakan media konvensional seperti power point pdf buku dan sumber internet yang belum diketahui tingkat kevalidannya. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran inovatif dan kreatif yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penggunaan media pembelajaran menghasilkan media pembelajaran dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran Jaringan Dasar. Metode pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah model 4D. Model 4D memiliki tahapan antara lain (1) define (2) design (3) develop dan (4) disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengujian kelayakan dilakukan dengan uji review dari ahli materi dan ahli media uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis mobile matapelajaran Jaringan Dasar dengan nama Media JarDas.apk. Berdasarkan analisis data diperoleh dari uji coba diperoleh persentase validitas rata-rata Media JarDas 89 04%. Nilai ini tergolong kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media JarDas dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri maupun sebagai media suplemen pembelajaran di kelas dan di luar kelas. ABSTRACT Purwati Dewi. 2017. Development of Mobile-based Learning Medium on Basic Network Subject for Expertise Program of Computer and Network Engineering (TKJ) in Vocational High Schools. Undergraduate Thesis. Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang Supervisors (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Keywords Learning Medium Mobile Learning Basic Network Conventional learning often causes students get bored easily. According to the observation result it was found that teaching materials on Basic Network subject done by teachers still used conventional medium such as power point PDF books and internet sources which have not been known their validity. It affects their learning results which are not optimal. Therefore it is essential to create an innovative and creative learning medium that is able to improve students interest and motivation on studying. This study aims to describe the illustration of learning medium use produce the learning medium and test the appropriateness level of learning medium on Basic Network subject. The development method used to develop this learning medium is 4D development model. It has some steps which are (1) define (2) design (3) develop and (4) disseminate. This development produces a learning medium of mobile-based for Basic Network subject titled of Media JarDas.apk extension. Based on data analysis it was obtained the total average of validity on Media JarDas was 89.04%. It was categorized into very appropriate level. So it can be concluded that Media JarDas is able to be used as both independent learning medium and supplementary learning medium inside and outside of classroom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39124

Actions (login required)

View Item View Item