Hubungan antara tipe pola asuh dan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Mega Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara tipe pola asuh dan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Mega Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Mega (2012) Hubungan antara tipe pola asuh dan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2011-2012 / Mega Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci tipe pola asuh gaya belajar prestasi belajar Tugas dan tanggung jawab keluarga (orang tua) adalah menciptakan situasi dan kondisi mengenai hal-hal yang dapat dihayati anak-anak untuk memperdalam makna-makna esensial yang ada. Upaya ini telah mengidentifikasikan bahwa orang tua telah merealisasikan UU RI No. 2 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 2 ayat 2 yang berbunyi Orang tua dari anak usia belajar berkewajiban memberikan pendidikan dasar kepada anaknya . Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara tipe pola asuh dan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini mempuyai dua variabel bebas yaitu variabel bebas (X1) tipe pola asuh dan variabel (X2) gaya belajar sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguraikan hubungan antara variabelvariabel dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negari 1 Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah 140 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam penelitian ini nampak bahwa nilai Asimp.sig 0 043 0 05 . maka dapat disimpulkan bahwa tipe pola asuh (X1) memiliki hubungan dengan prestasi belajar (Y) dengan persentase koefisien kontigensi 25 6 % (2) Dalam penelitian ini nampak bahwa nilai Asimp.sig 0 014 0 05 . maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar (X2) memiliki hubungan dengan prestasi belajar (Y) dengan persentase koefisien kontigensi 28 7 %. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel gaya belajar (X2) memiliki hubungan yang lebih erat dengan variabel prestasi belajar (Y). Dibandingkan hubungan variabel tipe pola asuh (X1) dengan variabel prestasi belajar (Y). Dengan demikian siswa yang belajarnya sesuai dengan gaya belajar akan memudahkan siswa dalam menerima menyerap mengatur dan mengolah materi pembelajaran ekonomi yang didapatnya sehingga kegiatan belajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item View Item