Eksplorasi komparatif profil kemampuan GPT dan mahasiswa dalam literasi kimia dan argumentasi pada chemistry-related socioscientific issues (SSI) / Ananta Ardyansyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi komparatif profil kemampuan GPT dan mahasiswa dalam literasi kimia dan argumentasi pada chemistry-related socioscientific issues (SSI) / Ananta Ardyansyah</p>

Ardyansyah, Ananta (2025) Eksplorasi komparatif profil kemampuan GPT dan mahasiswa dalam literasi kimia dan argumentasi pada chemistry-related socioscientific issues (SSI) / Ananta Ardyansyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Climate change penggunaan plastik dan industri minyak sawit merupakan perdebatan publik yang cukup kompleks karena mempertimbangkan berbagai aspek dan memiliki keterkaitan erat dengan sains. Isu-isu tersebut dikenal sebagai socioscientific-issues (SSI). Untuk terlibat dalam SSI setiap orang diharapkan memiliki literasi sains (atau literasi kimia dalam hal ini) dan kemampuan argumentasi yang baik. Sayangnya penelitian-penelitian terbaru menunjukkan mahasiswa lemah dalam dua kemampuan tersebut sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Di tengah meningkatnya isu SSI berkembang teknologi GPT yang berpotensi diintegrasikan dalam pembelajaran namun belum sepenuhnya dipahami kapabilitasnya. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengkaji komparasi profil literasi kimia dan kemampuan argumentasi mahasiswa dengan GPT serta memahami aspek yang mempengaruhi komparasi profil tersebut. Desain penelitian embedded mixed-method digunakan dalam penelitian ini membandingkan dua kelompok yaitu mahasiswa dan GPT. Data utama penelitian ini merupakan data kuantitatif yang didapat dari tes literasi kimia dan argumentasi ilmiah. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen yang dikembangkan berdasarkan literasi sains PISA OECD dan Toulmin Argument Pattern. Data kuantitatif tersebut kemudian didukung dengan data kualitatif berupa perspektif terkait yang didapat dari kuesioner terbuka. Data kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial analisis konten dan analisis tematik untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam komparasi kemampuan literasi kimia dan argumentasi mahasiswa memiliki skor lebih rendah dibandingkan GPT. Rata-rata skor literasi kimia (CL) untuk kelompok GPT secara signifikan lebih tinggi. Sedangkan data kemampuan argumentasi menunjukkan bahwa kelompok GPT memperoleh skor rata-rata yang lebih tinggi dengan dominasi level argumentasi level 5 dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang didominasi dengan argumentasi level 2. Keselarasan perbandingan ini tentunya tidak lepas dari fakta bahwa korelasi positif yang kuat antara literasi kimia dan kemampuan argumentasi. Hasil komparasi yang didapatkan dipengaruhi berbagai hal yaitu (1) kurangnya pengalaman mahasiswa dalam pembelajaran berbasis kontekstual khususnya SSI (2) tidak seimbangnya aspek literasi kimia dan (3) kurangnya latihan dan pemahaman terkait hakikat argumentasi. Di sisi lain GPT memiliki set data yang berlimpah dan kemampuan penalaran yang baik sehingga dapat mengungguli mahasiswa dengan mudah. Meskipun demikian mahasiswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran berbasis konteks dan terhadap jawaban GPT. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pembelajaran kontekstual berbasis SSI untuk meningkatkan literasi kimia dan kemampuan argumentasi mahasiswa karena konteks tersebut mendorong keterlibatan dalam isu sains yang kompleks dan relevan. GPT berpotensi menjadi scaffholding dalam mengembangkan dua kemampuan tersebut namun penggunaannya perlu disertai literasi AI yang memadai agar pemanfaatannya tepat guna.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391207

Actions (login required)

View Item View Item