Pengembangan e-modul berbasis contextual problem based learning (CPBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan aktivitas belajar siswa SMA pada materi termokimia / Muthmainnah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis contextual problem based learning (CPBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan aktivitas belajar siswa SMA pada materi termokimia / Muthmainnah</p>

Muthmainnah (2025) Pengembangan e-modul berbasis contextual problem based learning (CPBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan aktivitas belajar siswa SMA pada materi termokimia / Muthmainnah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya kemampuan HOTS siswa Indonesia sebagaimana tercermin dalam hasil PISA dan TIMSS yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran tradisional yang hanya menekankan hafalan. Di era Kurikulum Merdeka dan Revolusi Industri 4.0 pembelajaran dituntut lebih kontekstual mandiri dan berbasis masalah nyata sehingga model pembelajaran Contextual Problem Based Learning (CPBL) menjadi solusi yang relevan apalagi bila dikombinasikan dengan media digital berupa e-modul yang interaktif dan fleksibel. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Produk e-modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan media diuji keterbacaan oleh siswa serta diuji kepraktisannya oleh guru dan selanjutnya diimplementasikan pada dua kelas (eksperimen dan kontrol) di SMA Negeri 1 Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis CPBL valid praktis dan efektif digunakan terbukti dari peningkatan signifikan pada HOTS dan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Selain itu ditemukan hubungan positif yang signifikan antara peningkatan aktivitas belajar dengan peningkatan HOTS siswa. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa e-modul CPBL mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis menyelesaikan masalah serta aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu disarankan agar guru menggunakan e-modul berbasis CPBL sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran kimia dan pihak sekolah maupun pengembang kurikulum didorong untuk mendukung integrasi media pembelajaran digital inovatif sebagai penunjang pembelajaran abad ke-21.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391205

Actions (login required)

View Item View Item